PENGARUH KUALITAS LAYANAN PERMEN MANIS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DISDUKCAPIL KOTA BANDAR LAMPUNG

Nur Anisa, - (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN PERMEN MANIS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DISDUKCAPIL KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Nur Anisa.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Nur Anisa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2011Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Nur Anisa.pdf

Download (1599Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kualitas pelayanan publik menjadi elemen penting dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, termasuk melalui inovasi digital seperti program Permen Manis di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan Permen Manis terhadap kepuasan masyarakat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif dengan teknik purposive sampling terhadap 379 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan secara umum dinilai baik dan kepuasan masyarakat berada pada kategori puas, meskipun terdapat kelemahan pada beberapa indikator seperti kejelasan informasi, ketepatan waktu, responsivitas, kompetensi teknis, serta perhatian personal. Terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara kualitas layanan dan kepuasan masyarakat dengan koefisien korelasi sebesar 0,871. Hasil uji t menunjukkan pengaruh signifikan yaitu nilai t hitung 34,448 lebih besar dari t tabel 1,96 dengan nilai signifikan 0,00 atau kurang dari 0,05. Analisis regresi menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% kualitas layanan akan meningkatkan kepuasan masyarakat sebesar 0,922. Nilai determinasi sebesar 75,8% menunjukkan bahwa kualitas layanan Permen Manis berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Layanan, Permen Manis, Kepuasan Masyarakat The quality of public services is a crucial element in enhancing community satisfaction, including through digital innovations such as the "Permen Manis" program at the Civil Registration and Vital Statistics Office (Disdukcapil) of Bandar Lampung City. This study aims to analyze the influence of the "Permen Manis" service quality on community satisfaction. The research employed a quantitative explanatory method with purposive sampling involving 379 respondents. The results show that, in general, the service quality is rated as good, and community satisfaction falls into the satisfied category, although some weaknesses were identified in indicators such as clarity of information, timeliness, responsiveness, technical competence, and personal attention. A very strong and positive correlation was found between service quality and community satisfaction, with a correlation coefficient of 0.871. The t-test results show a significant effect, with a t-count value of 34.448 greater than the t-table value of 1.96 and a significance value of 0.00 (less than 0.05). Regression analysis indicates that every 1% increase in service quality results in a 0.922 increase in community satisfaction. The coefficient of determination (R2) of 75.8% demonstrates that the quality of the "Permen Manis" service significantly influences community satisfaction. Keywords: Public Service, Service Quality, Permen Manis, Community Satisfaction

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 353 Bidang khusus administrasi publik
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 30 Oct 2025 01:14
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 01:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92348

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir