The Use of Short Animated Movies through Collaborative Learning to Improve the Second-Year Students’ Speaking Achievement at SMAN 2 Abung Semuli

Giovanny , Yumna Ubhayahita (2025) The Use of Short Animated Movies through Collaborative Learning to Improve the Second-Year Students’ Speaking Achievement at SMAN 2 Abung Semuli. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -Giovanny Yumna Ubhayahita.pdf

Download (536Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Giovanny Yumna Ubhayahita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1838Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN -Giovanny Yumna Ubhayahita.pdf

Download (1794Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This study aimed to examine the improvement of students’ speaking achievement through the implementation of short animated movies. The research employed a pre-test and post-test design. The participants were 31 second-grade students from SMAN 2 Abung Semuli. The data were collected through a speaking test administered before and after the treatment and they were analyzed based on five aspects of speaking: pronunciation, grammar, vocabulary, fluency, and comprehension. The scores were compared using a statistical formula, the T-Test. The results showed that the students' speaking achievement significantly improved in each aspect, with a confidence level of 0.05. This indicates that the use of short animated movies, combined with collaborative learning, was effective in helping students improve their speaking achievement. Keywords: collaborative learning, short animated movie, speaking achievement Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan pencapaian berbicara siswa melalui penerapan film animasi pendek yang dikombinasikan dengan pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan model pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri atas 31 siswa kelas XI di SMAN 2 Abung Semuli. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berbicara yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Tes tersebut dievaluasi berdasarkan lima aspek kemampuan berbicara, yaitu pelafalan (pronunciation), tata bahasa (grammar), kosakata (vocabulary), kelancaran (fluency), dan pemahaman (comprehension). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik T-Test untuk membandingkan hasil pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara siswa pada setiap aspek, dengan tingkat signifikansi 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan film animasi pendek melalui pendekatan pembelajaran kolaboratif terbukti efektif dalam meningkatkan pencapaian berbicara siswa. Kata kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Film Animasi Pendek, Pencapaian Berbicara

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 30 Oct 2025 01:50
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92355

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir