PENGEMBANGAN e-LKPD BERBANTUAN WEBSITE INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA MATERI LISTRIK STATIS UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Gusti Komang Aditya Ananta Putra , - (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBANTUAN WEBSITE INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA MATERI LISTRIK STATIS UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - GUSTI KOMANG ADITYA ANANTA PUTRA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - GUSTI KOMANG ADITYA ANANTA PUTRA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1423Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRISPI TANPA BAB PEMBAHASAN - GUSTI KOMANG ADITYA ANANTA PUTRA.pdf

Download (1145Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis proyek dengan materi listrik statis dan dikembangkan dalam bentuk website interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian pengembangan ini adalah 4-D (Four-D) yang diadaptasi dari Thiagarajan & Semmel (1974) yang diawali dengan tahap define dengan kegiatan berupa observasi kebutuhan peserta didik dan tenaga pengajar untuk proses pembelajaran, yang kemudian hasil observasi tersebut dijadikan acuan dasar untuk tahap design dengan mulai menyusun instrument penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan, serta perancangan produk yang akan dikembangkan. Selanjutnya pada tahap development dilakukan Uji validitas produk oleh 3 orang ahli dengan hasil rata-rata skor sebesar 3,5 pada kategori valid. Selanjutnya dilakukan uji kepraktisan yang terdiri dari respon persepsi guru, respon peserta didik, dan keterbacaan dengan hasil skor kepraktisan dari ketiga instrument berupa rata-rata persentase sebesar 83% pada kategori praktis. Kemudian untuk mengetahui pengaruhnya dilakukan uji keefektifan yang diperoleh dari uji normalitas dan N-Gain, yang menunjukkan hasil signifikan dilihat dari beda rata- rata hasil tes pemahaman awal (pretest) dan tes pemahaman akhir (posttest) dan hasil uji N-Gain sebesar 0,6625 dengan kategori cukup efektif. Sehingga didapatkan hasil akhir, bahwa e-LKPD berbantuan website interaktif berbasis proyek pada materi listrik statis untuk melatih kemampuan berpikir kreatif dinilai valid, praktis dan efektif, digunakan untuk pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan e-LKPD, Kemampuan berpikir kreatif, Project Based Learning, Listrik Statis. This research aims to develop project-based e-Worksheet with static electricity material and developed in the form of an interactive website that is valid, practical, and effective for training students creative thinking skills. This type of development research is 4-D (Four-D) adapted from Thiagarajan & Semmel (1974) which begins with the define stage with activities in the form of observing the needs of students and teacher for the learning process, which then the result of these observations are used as a basic reference for the design stage by starting to compile assessment instruments for validity test, practicality test and effectiveness tests, as well as designing product to be developed. Afterwards, at the development stage, the product validity test was carried out by 3 experts with an average score of 3.5 in the valid category. Furthermore, a practicality test was carried out which consisted of teacher perception responses, student responses, and readability with the results of the practicality score of the three instruments in the form of an average percentage of 83% in the practical category. Then to find out the effect, the effectiveness test was carried out which was obtained from the normality test and N-Gain, which showed significant result seen from the average difference in the result of the pretest and posttest, with N-Gain score 0.6625 showing a fairly effective category. The final result showing the e-Worksheet assisted by a project-based interactive website on static electricity material to train creative thinking skills is considered valid, practical and effective used for learning. Keywords: e-LKPD development, Creative thinking skills, Project-Based Learning, Static electricity.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:03
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 02:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92356

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir