Adinda Arivia Nosa, - (2025) PENGARUH MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Adinda Arivia Nosa.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Adinda Arivia Nosa.pdf Restricted to Hanya staf Download (1587Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Adinda Arivia Nosa.pdf Download (1398Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 3 Podomoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh yang signifikan pada penerapan model Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) berbantuan aplikasi wordwall pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dan jenis desain nonequivalent control group desaign. Populasi berjumlah 47 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) berbantuan aplikasi wordwall yang ditunjukkan dengan Fhitung (24,32) > Ftabel (4,30) dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara peserta didik kelas V yang menggunakan model Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) berbantuan aplikasi wordwall dan peserta didik yang menggunakan model Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) berbantuan aplikasi quizziz yang ditunjukkan dengan thitung (2,733) > ttabel (2,021). Kata kunci: hasil belajar, IPAS, SAVI, wordwall. The problem in this study was the low learning outcomes of Science and Social Studies students in class V of SD Negeri 3 Podomoro. This study aimed to determine the significant effect of applying the Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) model assisted by the wordwall application on Science and Social Studies learning outcomes of students. This study used a quantitative approach with a quasi-experimental research design and a nonequivalent control group design. The population consisted of 47 students. This study used a saturated sampling technique. Data collection techniques used were tests and non-tests. Data analysis was performed used simple linear regression test and t-test. The results showed that there were a significant effect of applying the Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) model assisted by the wordwall application, as indicated by Fcalculated (24,32) > Ftable (4.30). Additionally, there was a significant difference in Science and Social Studies learning outcomes between students who used the SAVI model assisted by the wordwall application and those who used the SAVI model assisted by the quizziz application, as indicated by tcalculated (2.733) > ttable (2.021). Keywords: learning outcomes, science and social studies, SAVI, wordwall.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:04 |
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 03:04 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92368 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
