Fitriyani , - (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
| 
 | File PDF ABSTRAK - Fitriyani.pdf Download (16Kb) | Preview | |
| ![[img]](http://digilib.unila.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | File PDF TESIS FULL - Fitriyani.pdf Restricted to Hanya staf Download (4084Kb) | Minta salinan | |
| 
 | File PDF TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Fitriyani.pdf Download (2386Kb) | Preview | 
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development (R&D), pengembangan ini mengacu pada model Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN Lampung Barat. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas V A sebanyak 28 peserta didik dan kelas V B sebanyak 28 peserta didik di MIN 2 Lampung Barat sebagai sampel penelitian ini. Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen tes dan angket. LKPD berbasis discovery learning melalui tahap uji coba validasi ahli materi, media, bahasa, evaluasi dan uji praktikalitas respon pendidik dan peserta didik. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rerata persentase sebesar 0,62.5% dengan kategori cukup valid, ahli media memperoleh skor rerata persentase sebesar 0,87,5% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa memperoleh skor rerata persentase sebesar 0,82,5% dengan kategori sangat valid, ahli evaluasi soal memperoleh skor rerata persentase sebesar 0,92% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan respon pendidik memperoleh nilai rerata presentase sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil uji kepraktisan respon peserta didik memperoleh rerata presentase sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan hasil perhitungan sebesar < 0,001 < 005, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis kelas ekperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Diascovery Learning, LKPD, Pembelajaran Matematika This research aims to produce Discovery learning-based LKPD that is valid, practical and effective for improving students' critical thinking skills. This research is a type of Research and development (R&D) research, this development refers to the Borg and Gall model. The population in this study were class V students at MIN West Lampung. The sample for this research was determined using a purposive sampling technique so that class V A was 28 students and class V B was 28 students at MIN 2 West Lampung as the sample for this research. Data collection tools in research use test instruments and questionnaires. Discovery learning-based LKPD goes through a trial phase of validation by material, media, language experts, evaluation and practicality testing of educators' and students' responses. The validation results from material experts obtained an average percentage score of 0.62.5% in the quite valid category, media experts obtained an average percentage score of 0.87.5% in the very valid category, linguists obtained an average percentage score of 0.82.5% in the very valid category, question evaluation experts obtained an average percentage score of 0.92% in the very valid category. The results of the practicality test for educators' responses obtained an average percentage value of 91% with very practical criteria, while the results of the practicality test for student responses obtained an average percentage of 88% with very practical criteria. The data analysis technique uses the independent sample t- test with calculation results of <0.001 <005, meaning that there is a significant difference between the critical thinking abilities of the experimental class and the control class. Based on the data obtained from the results of this research, it can be concluded that discovery learning-based LKPD is valid, practical and effective for improving students' critical thinking skills. Keywords: Critical Thinking, Discovery learning, LKPD, Mathematics Learning
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) | 
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar | 
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) | 
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:46 | 
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 03:46 | 
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92379 | 
Actions (login required)
|  | Lihat Karya Akhir | 
 
        