Muhammad Fajri Amrullah, - (2025) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI PHYPHOX TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MINAT BELAJAR PADA MATERI TUMBUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - MUHAMMAD FAJRI AMRULLAH.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - MUHAMMAD FAJRI AMRULLAH.pdf Restricted to Hanya staf Download (2478Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHSAN MUHAMMAD FAJRI AMRULLAH.pdf Download (1738Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Minat Belajar pada materi Tumbukan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Banjar Agung dengan metode pre-experiment dengan desain penelitian one-group pre-test - post-test. Sampel yang digunakan adalah kelas XI.5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian untuk mengukur KPS dan kuesioner berbentuk pernyataan tertutup dengan skala Likert untuk Minat Belajar. Penelitian ini menggunakan Uji Normalitas, Uji N-Gain dan Uji Paired Sample T-Test untuk mengetahui peningkatan KPS dan Minat Belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Minat Belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari perolehan nilai N-Gain dari hasil pre-test – post-test dan hasil kuesioner minat belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,598 dan 0,525. Selain itu, hal tersebut juga diperkuat dengan data hasil uji Paired Sample T-Test untuk keseluruhan data diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian, model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox efektif dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Minat Belajar peserta didik. Kata kunci: Aplikasi Phyphox, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Minat Belajar. This research aims to determine the effect of implementing the Guided Inquiry learning model assisted by the Phyphox application on Science Process Skills (SPS) and Learning Interest in the topic of Collisions. The research was conducted at SMAN 1 Banjar Agung using a pre-experimental method with a one- group pre-test - post-test design. The sample used was class XI.5 as the experimental class. The instruments used included essay questions to measure SPS and a closed-ended questionnaire with a Likert scale to assess Learning Interest.This research employed Normality Test, N-Gain Test, and Paired Sample T-Test to determine the improvement in students' SPS and Learning Interest. The results showed that the implementation of the Guided Inquiry learning model assisted by the Phyphox application had an effect on improving students' Science Process Skills and Learning Interest. This was indicated by the N-Gain values from the pre-test – post-test results and the learning interest questionnaire in the experimental class, which were 0.598 and 0.525, respectively. Furthermore, this was supported by the Paired Sample T-Test results, which showed a Sig. (2-tailed) value of 0.000 < 0.05 for the overall data.Thus, the Guided Inquiry learning model assisted by the Phyphox application is effective in enhancing students' Science Process Skills and Learning Interest. Keywords: Guided Inquiry, Learning Interest, Phyphox Application, Science Process Skills.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 04:09 |
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 04:09 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92387 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
