Elni arrahma, - (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ASSEMBLR.EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - LNI ARRAHMA.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi tanpa lampiran- ELNI ARRAHMA.pdf Restricted to Hanya staf Download (1040Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN- ELNI ARRAHMA.pdf Download (948Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Assemblr edu berbasis Augmented Reality terhadap peningkatan pemahaman konsep sains peserta didik kelas VI di SDN 1 Candimas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VI A dan VI B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan nontes berupa lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pemahaman. Pengujian hipotesis melalui uji regresi linear sederhana dengan hasil Fhitung >Ftabel (42,363>4,32) dengan tingkat signifikan sebesar 0,00. Karena nilai signifikansi 0,00<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media assemblr edu berbasis augmented reality berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci:Assemblr Edu, Augmented Reality, Pemahaman Konsep, Sains. This study aimed to determine the effect of using the Assemblr Edu application based on Augmented Reality on improving the understanding of science concepts among sixth-grade students at SDN 1 Candimas. The research employed a quantitative approach using a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design. The subjects of the study consisted of two classes, namely class VI A. Data collection techniques involved both test and non-test instruments, including observation sheets. The results of data analysis indicated a significant difference in conceptual understanding outcomes. Hypothesis testing through a simple linear regression test yielded Fcount > Ftable (42.363 > 4.32) with a significance level of 0.00. Since the significance value of 0.00 was less than 0.05, it could be concluded that the use of Assemblr Edu based on Augmented Reality had a significant effect on students’ understanding of science concepts. Keywords:AssemblrEdu,Augmented Reality, Conceptual Understanding, Science.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 04:16 |
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 04:16 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92391 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
