Riza Aulia Khairani , - (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP BERPIKIR KREATIF PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT) - Riza Aulia Khairani.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FILE SKRIPSI FULL - Riza Aulia Khairani.pdf Restricted to Hanya staf Download (2077Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Riza Aulia Khairani.pdf Download (1666Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model discovery learning berbantu modul digital interaktif terhadap berpikir kreatif dan tanggapan peserta didik terhadap penerapannya. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen (quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 32 peserta didik kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik kelas VII D sebagai kelas kontrol. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan juga data kualitatif. Data kuantitatif pada penelitian ini merupakan data yang berupa hasil pretest dan posttest siswa pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup. Data kualitatif pada penelitian ini berupa hasil angket tanggapan peserta didik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantu modul digital interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan berpikir kreatif. Rata-rata N-gain berpikir kreatif tertinggi berada pada indikator originality yaitu 0,81. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-gain 0,68 yang masuk kategori tinggi. Hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model discovery learning berbantuan modul digital interaktif memperoleh rata-rata akhir yaitu sebesar 80% yang menunjukkan hampir semua peserta didik setuju bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan modul digital interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan diterima dengan baik oleh peserta didik. Kata Kunci : berpikir Kreatif, discovery Learning, modul digital interaktif This study aims to determine the effect of the application of the discovery learning model assisted by interactive digital modules on creative thinking and students' responses to its application. This study used a quasi-experiment with a pretest- posttest nonequivalent control group research design. The sampling technique in this study was purposive sampling, with a sample size of 32 students in class VII F as the experimental class and 31 students in class VII D as the control class. The types of data used in this study are quantitative and qualitative data. Quantitative data in this study are data in the form of student pretest and posttest results on the main material of classification of living things. Qualitative data in this study are in the form of student response questionnaire results. Based on the results of the hypothesis test using the Independent sample t-test, the sig. (2-tailed) value is 0.00 <0.05, which means that H0 is rejected. Thus, it can be concluded that the use of the discovery learning model assisted by interactive digital modules has a significant effect on increasing creative thinking. The highest average N-gain for creative thinking is in the originality indicator, which is 0.81. The increase in creative thinking skills in the experimental class obtained an average N-gain of 0.68 which is in the high category. The results of the student response questionnaire on the use of the discovery learning model assisted by interactive digital modules obtained a final average of 80%, which shows that almost all students agree that the use of the discovery learning model assisted by interactive digital modules can improve creative thinking skills and is well received by students. Keywords: creative thinking, discovery learning, interactive digital modules
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 04:22 |
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 04:22 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92395 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
