PENGARUH SELF EFFICACY, DUKUNGAN ORANG TUA, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI MAS MATHLAUL ANWAR PEMATANG

OKTAVIANI, - (2025) PENGARUH SELF EFFICACY, DUKUNGAN ORANG TUA, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI MAS MATHLAUL ANWAR PEMATANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - 36_Oktaviani.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - 36_Oktaviani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2272Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - 36_Oktaviani.pdf

Download (1848Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang penelitian ini yaitu, rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hasil belajar yang rendah tentu dapat disebabkan oleh adanya faktor internal dan faktor eksternal pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self efficacy, dukungan orang tua, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI MAS Mathlaul Anwar Pematang. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS Mathlaul Anwar Pematang. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang berarti semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis), yang diolah menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh simultan self efficacy, dukungan orang tua, disiplin belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI MAS Mathlaul Anwar Pematang. Kata Kunci : Efikasi Diri, Disiplin Belajar, Dukungan Orang Tua, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. The background to this research is the low learning outcomes achieved by students in economics. Low learning outcomes can be caused by both internal and external factors within the students. This study aims to analyze the influence of self-efficacy, parental support, and learning discipline on learning outcomes through learning motivation as an intervening variable in class XI students of MAS Mathlaul Anwar Pematang. The method used in this study is a descriptive verification method with an ex post facto approach and survey. The population used in this study were class XI students of MAS Mathlaul Anwar Pematang. In this study the sample used was saturated sampling, meaning all members of the population were used as samples. Data collection techniques were carried out through distributing questionnaires. To test the hypothesis, path analysis was used, which was processed using SPSS. The results of the analysis showed that there was a simultaneous influence of self-efficacy, parental support, learning discipline, and learning motivation on economic learning outcomes in class XI students of MAS Mathlaul Anwar Pematang. Keywords : Learning Discipline, Learning Motivation, Learning Outcomes, Parental Support, Self Efficacy.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 30 Oct 2025 04:46
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 04:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92403

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir