STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KELAS XI SMA NEGERI PULAU LEGUNDI TAHUN AJARAN 2024/2025

YENI, SYAKILAH (2025) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KELAS XI SMA NEGERI PULAU LEGUNDI TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - 45_Yeni Syakilah_1B.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - 45_Yeni Syakilah_1B.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1995Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - 45_Yeni Syakilah_1B.pdf

Download (1623Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan perbedaan aktivitas belajar siswa, serta kurangnya penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Problem Based Learning, efektivitas antara penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Problem Based Learning pada pencapaian hasil belajar ekonomi siswa yang aktivitas belajarnya tinggi dan rendah, serta mengkaji terkait interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif dan desain faktorial 2x3, serta teknik sampling yaitu purposive sampling berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, eksperimen, tes, kuesioner/angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Problem Based Learning, hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa yang aktivitas belajarnya tinggi, hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih rendah dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa yang aktivitas belajarnya rendah, serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Kata Kunci: Hasil Belajar Ekonomi, Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Problem Based Learning. This research is motivated by the low learning outcomes and differences in student learning activities, as well as the lack of application of learning models in economics subjects. The purpose of this study is to investigate the differences in students' economics learning outcomes using the Two Stay Two Stray and Problem Based Learning models, the effectiveness of using the Two Stay Two Stray learning model compared to Problem Based Learning in achieving economics learning outcomes for students with high and low learning activities, and to examine the interaction between learning models and learning activities on economics learning outcomes. The method used is an quasi-experiment method with a comparative approach and a 2x3 factorial design, with purposive sampling technique involving 70 students. Data collection was conducted using interviews, observations, experiments, tests, questionnaires/surveys, and documentation. Hypothesis testing used Two-Way ANOVA and Independent Two-Sample t-Test. The results of the analysis show that there are differences in the economics learning outcomes of students whose learning is conducted using the Two Stay Two Stray learning model and Problem Based Learning. The economics learning outcomes of students using the Two Stay Two Stray learning model are higher compared to those using the Problem Based Learning model for students with high learning activity. Conversely, the economics learning outcomes of students using the Two Stay Two Stray learning model are lower compared to those using the Problem Based Learning model for students with low learning activity, and there is no interaction between the learning model and learning activity on the economics learning outcomes. Keywords: Economic Learning Outcomes, Two Stay Two Stray, Learning Activities, Problem Based Learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 30 Oct 2025 04:51
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 04:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92404

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir