BUNGA , WANNESIA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK BUNGA WANNESIA - 9_Bunga Wannesia.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL BUNGA WANNESIA - 9_Bunga Wannesia.pdf Restricted to Hanya staf Download (3081Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN BUNGA WANNESIA - 9_Bunga Wannesia.pdf Download (2864Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya tingkat motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi, yang tercermin dari rendahnya inisiatif untuk belajar secara mandiri serta minimnya minat dalam mencari dan mengakses materi pembelajaran tambahan di luar perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi AI dan kemampuan literasi digital terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto.Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 65 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket berskala semantic differensial dan data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, penggunaan teknologi AI (X1) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, kemampuan literasi digital (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, Kemudian, secara simultan kedua variabel memberikan pengaruh terhadap variasi motivasi belajar mahasiswa. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi teknologi cerdas dan penguatan kecakapan digital sangat relevan dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan memotivasi. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi AI secara bijak dan peningkatan literasi digital perlu diintegrasikan dalam strategi pembelajaran di perguruan tinggi. Kata Kunci: Kecakapan Informasi, Kemandirian Belajar, Keterampilan Teknologi, Keterlibatan Mahasiswa, Pembelajaran Digital. This research was motivated by the suboptimal level of learning motivation among students of the Economics Education Study Program, as indicated by their low initiative for independent learning and limited interest in seeking and accessing additional learning materials outside of lectures. The aim of this study is to determine the influence of AI technology usage and digital literacy skills on students' learning motivation. This study employed a quantitative method with an ex post facto approach. The sampling technique used was stratified random sampling, with a total of 65 student respondents. Data were collected through a semantic differential scale questionnaire and analyzed using multiple linear regression assisted by SPSS. The results showed that partially, the use of AI technology (X1) had a significant effect on students' learning motivation, and digital literacy skills (X2) also had a significant influence. Furthermore, simultaneously, both variables contributed to the variation in students' learning motivation. These findings emphasize that the integration of intelligent technology and the enhancement of digital competencies are highly relevant in supporting a more effective and motivating learning process. Therefore, the wise use of AI and the improvement of digital literacy need to be integrated into higher education learning strategies. Keywords: Digital Engagement, Intelligent Tools, Self-Regulated Learning, Technology Competence.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 07:09 |
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 07:09 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92409 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
