PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA SHOPEEPAY PADA E-COMMERCE SHOPEE

DIMAS , ARCHADEA JUNAEDI (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA SHOPEEPAY PADA E-COMMERCE SHOPEE. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Dimas Archadea Junaedi.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Dimas Archadea Junaedi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2852Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Dimas Archadea Junaedi.pdf

Download (2398Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada pengguna ShopeePay di platform e-commerce Shopee. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh penurunan peringkat ShopeePay sebagai dompet digital yang paling direkomendasikan pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Sampel dalam penelitian ini adalah 385 responden aktif pengguna ShopeePay, yang dikumpulkan melalui kuesioner online. Teknik analisis data yang dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS meliputi uji outer model, inner model, dan uji hipotesis pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu, kepuasan konsumen terbukti memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas konsumen. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas layanan dan strategi promosi yang efektif dapat meningkatkan kepuasan serta loyalitas konsumen terhadap ShopeePay. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, promosi, ShopeePay. This study aims to determine the effect of service quality and promotions on consumer loyalty mediated by consumer satisfaction among ShopeePay users on the Shopee e-commerce platform. The background of this study is based on the decline in ShopeePay's ranking as the most recommended digital wallet in 2023. This study uses a quantitative approach with an explanatory research method. The sample in this study was 385 active ShopeePay user respondents, collected through an online questionnaire. Data analysis techniques assisted by SmartPLS software include outer model tests, inner model tests, and direct and indirect effect hypothesis tests. The results show that service quality and promotions have a positive and significant effect on consumer satisfaction, and consumer satisfaction has a positive and significant effect on consumer loyalty. In addition, consumer satisfaction is proven to mediate the effect of service quality and promotions on consumer loyalty. These findings indicate that improving service quality and effective promotional strategies can increase consumer satisfaction and loyalty to ShopeePay. Keywords: service quality, promotion, customer satisfaction, customer loyalty, ShopeePay.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 30 Oct 2025 08:22
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 08:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92436

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir