PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Karina , Natasya (2025) PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripsi_Karina Natasya - Karina Natasya.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi FULL_Karina Natasya - Karina Natasya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1788Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa BAB Pembahasan_Karina Natasya - Karina Natasya.pdf

Download (1336Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berbicara merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini, yang mencakup pengucapan, pengembangan kosa kata, dan pembentukan kalimat. Namun, hasil observasi awal di TK Al Hanif menunjukkan bahwa sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam menyampaikan pendapat secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran show and tell terhadap kemampuan berbicara anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 24 anak yang dipilih melalui teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode show and tell terhadap kemampuan berbicara anak, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi hasil perhitungan uji Wilcoxon pada aspek pengucapan, kosakata, dan pembentukan kalimat. Dengan demikian, metode show and tell efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5–6 tahun. Metode ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan menstimulasi komunikasi aktif pada anak usia dini. Kata kunci: Anak usia dini, metode show and tell, kemampuan berbicara Speaking ability is an important aspect in early childhood language development, which includes pronunciation, vocabulary development, and sentence formation. However, initial observations at Al Hanif Kindergarten showed that most children had difficulty expressing their opinions verbally. This study aims to determine the effect of the show and tell learning method on the speaking ability of children aged 5–6 years. This study used a quantitative approach with a one-group pretest-posttest design. The research sample consisted of 24 children selected through random sampling. Data collection was carried out using observation sheets and analyzed using the Wilcoxon test. The results showed a significant effect of the show and tell method on children's speaking ability, as indicated by the significance value of the Wilcoxon test calculation results in the aspects of pronunciation, vocabulary, and sentence formation. Thus, the show and tell method is effective in improving the speaking ability of children aged 5–6 years. This method can be an alternative learning that is fun and stimulates active communication in early childhood. Key words: Early childhood, show and tell method, speaking ability

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 31 Oct 2025 01:51
Terakhir diubah: 31 Oct 2025 01:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92457

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir