Rosa , Niya (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI 3D MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_Rosa Niya_2013023066 - Rosa Niya.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full tanpa lampiran_Rosa Niya - Rosa Niya.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Full tanpa Bab 4 & Lampiran_Rosa Niya_2013023066 - Rosa Niya.pdf Download (2604Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery lear- ning berbantuan visualisasi 3D menggunakan augmented reality berbasis android pada materi bentuk molekul untuk meningkatkan pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banjar Margo tahun ajaran 2024/2025 yang tersebar dalam tiga kelas yaitu kelas XI IPA 1 sam- pai XI IPA 3. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah quasi experimental dengan penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal pretes-postes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 2 soal uraian, dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (independent sample t-test). Hasil penelitian menun- jukkan bahwa rata-rata n-gain pemahaman konsep di kelas eksperimen sebesar 0,75 berkriteria tinggi, sedangkan rata-rata n-gain pemahaman konsep di kelas kontrol yaitu sebesar 0,39 memiliki berkriteria sedang. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-gain pemahaman konsep di kelas eksperimen yang mengguna- kan model discovery learning berbantuan visualisasi 3D menggunakan augmented reality berbasis android dengan rata-rata n-gain pemahaman konsep di kelas kon- trol yang menggunakan model konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan visualisasi 3D menggunakan augmented reality berbasis android pada materi bentuk molekul efektif dalam meningkatkan pema- haman konsep. Kata kunci : bentuk molekul, discovery learning, pemahaman konsep, visualisasi 3D, augmented reality This study aims to describe the effectiveness of the discovery learning model assisted by 3D visualization using Android-based augmented reality on molecular shape material to improve students’ conceptual understanding. The population of this study consisted of all eleventh-grade students at SMA Negeri 1 Banjar Margo in the 2024/2025 academic year, spread across three classes: XI IPA 1 to XI IPA 3. The sample was selected using purposive sampling, with XI IPA 2 designated as the experimental class and XI IPA 1 as the control class. This study employed a quasi-experimental method with a pretest-posttest control group design. The research instruments included pretest-posttest questions consisting of 10 multiple- choice items and 2 essay questions and observation sheets of student activities. Data were analyzed using an independent sample t-test. The results of the study show that the average n-gain in conceptual understanding in the experimental class was 0.75, which falls into the high criterion, while the average n-gain in the control class was 0.39, which falls into the medium criterion. Data analysis and hypothesis testing indicate that there is a significant difference between the average n-gain of conceptual understanding in the experimental class, which used the discovery learning model assisted by 3D visualization through Android-based augmented reality, and that in the control class, which used a conventional learning model. These findings suggest that the discovery learning model assisted by 3D visualization using Android-based augmented reality is effective in improving conceptual understanding of molecular shapes. Keywords : molecular shape, discovery learning, conceptual understanding, 3D visualization, augmented reality
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Kimia |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 02:04 |
| Terakhir diubah: | 31 Oct 2025 02:04 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92460 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
