PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA

WAHYU , DIAN NOVITA (2025) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
File Abstrak Wahyu Dian Novita - Wahyu Dian Novita.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI WAHYU DIAN N BAB 1- DAPUS (Tanpa Lampiran - Wahyu Dian Novita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2073Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI WAHYU DIAN N BAB 1- DAPUS (Tanpa Lampiran dan Bab 4) - Wahyu Dian Novita.pdf

Download (1450Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kolaborasisiswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non- equivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025, kelas IX.I sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas IX.III sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Data Kuantitatif berupa keterampilan proses sains yang dikumpulkan dengan (Pretest dan Posttest), sedangkan data kualitatif berupa kemampuan kolaborasi dan tanggapan siswa yang diperoleh menggunakan angket. Teknik analisis data meliputi uji N- Gain, uji normalitas dan homogenitas, serta uji independent sample t-test untuk menguji signifikansi perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain keterampilan proses sains pada kelas eksperimen sebesar 0,55 dan pada kelas kontrol sebesar 0,40. Nilai effect size sebesar 0,06 menunjukkan pengaruh berada dalam kategori sedang. Hasil uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,04, Sehingga Terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap keterampilan proses sains siswa. Selain itu kemampuan kolaborasi siswa juga menunjukkan peningkatan yang lebih baik pada kelas eksperimen sebesar 76,11% dengan kriteria baik sedangkan kelas kontrol sebesar 61,2% dengan kriteria cukup baik. Hasil angket tanggapan siswa terhadap pengaruh model PjBL terintegrasi STEM sebesar 83,73% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, pembelajaran PjBL terintegrasi STEM direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Kata kunci: Bioteknologi, keterampilan proses sains, kemampuan kolaborasi, STEM, Project Based Learning,. This study aims to investigate the effect of the Project Based Learning (PjBL) model integrated with Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) on students’ science process skills and collaboration ability. The research method employed was a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The subjects of this study were ninth-grade students of SMP Negeri 5 Bandar Lampung in the academic year 2024/2025, with class IX.I as the experimental group consisting of 32 students and class IX.III as the control group consisting of 26 students. Quantitative data in the form of science process skills were collected using pretests and posttests, while qualitative data in the form of collaboration ability and students’ responses were obtained through questionnaires. Data analysis techniques included the N-Gain test, normality and homogeneity tests, and an independent sample t-test to examine the significance of differences. The results showed that the average N-Gain score of science process skills in the experimental class was 0.55, while the control class scored 0.40. The effect size value of 0.06 indicated a medium category effect. The independent sample t-test yielded a significance value of 0.04, indicating that there was a significant effect of PjBL integrated with STEM on students’ science process skills. Furthermore, students’ collaboration ability also showed greater improvement in the experimental class, reaching 76.11% with a “good” category, compared to the control class at 61.2% with a “fairly good” category. The questionnaire results on students’ responses to the PjBL integrated with STEM model reached 83.73% with a “very good” category. Thus, PjBL integrated with STEM is recommended as an innovative learning strategy alternative to enhance 21st-century skills. Keywords: Biotechnology, science process skills, collaboration ability, STEM, Project Based Learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 31 Oct 2025 02:23
Terakhir diubah: 31 Oct 2025 02:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92466

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir