Halimatussa'diah Maulidya Ulfa , - (2025) HUBUNGAN NILAI-NILAI SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak Halimatussadiah.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full Halimatussadiah -.pdf Restricted to Hanya staf Download (1897Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan halim.pdf Download (1920Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Social Emotional Learning (SEL) merupakan pendekatan pendidikan yang menekankan pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional peserta didik, yang diyakini memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara nilai-nilai SEL dengan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik Sekolah Dasar kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Terdapat 69 sampel dari 77 orang populasi di kelas IV SD Negeri 1 Gunungsari. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif, meskipun berada pada kategori rendah. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa peningkatan nilai-nilai SEL cenderung hanya memberikan pengaruh yang kecil terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi SEL dalam kurikulum pendidikan dasar guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar kelas IV. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, peserta didik, social emotional learning. Social Emotional Learning (SEL) is an educational approach that emphasizes the development of social and emotional skills of learners, which is believed to have an influence on critical thinking skills. This study aims to analyze the relationship between SEL values and critical thinking skills in grade IV elementary school students. The research method used was quantitative with a correlational approach. There were 69 samples from 77 populations in class IV of SD Negeri 1 Gunungsari. The results of the analysis showed a positive relationship, although it was in the low category. This leads to the conclusion that increasing SEL values tends to have little effect on students' critical thinking skills. The implication of this study confirms the importance of integrating SEL in the primary education curriculum to improve critical thinking skills of grade IV primary school students. Keywords: critical thinking skills, learners, social emotional learning
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 03:58 |
| Terakhir diubah: | 31 Oct 2025 03:58 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92502 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
