PENGEMBANGAN MODUL PROJECT BASED LEARNING TEMA KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG

YENI , MARLENA (2025) PENGEMBANGAN MODUL PROJECT BASED LEARNING TEMA KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - YENI MARLENA.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - YENI MARLENA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3404Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - YENI MARLENA.pdf

Download (2668Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan modul tentang pengembangan modul pembelajaran berbasis Project based Learning tema kewirausahaan sebagai implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) siswa kelas 5 Sekolah Dasar Global Madani Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Global Madani Bandar Lampung sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, metode ceklist, dokumentasi, dan tes khusus. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul berbasis PjBL tema kewirausahaan sebagai implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Hasil pengembangan modul pembelajaran berbasis Project based learning tema kewirausahaan sebagai implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) siswa kelas 5 Sekolah Dasar Global Madani Bandar Lampung adalah valid berdasarkan validasi ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Memiliki nilai kepraktisan dalam kategori sangat baik. Penggunaan modul cukup efektif, dengan kriteria tinggi dan N-Gain efektivitas dengan kriteria efektif. Kata kunci: Modul, Project Based Learning, P5, Kewirausahaan The purpose of this study is to describe the validity, practicality, and effectiveness of using a teaching module developed based on Project-Based Learning (PjBL) with the theme of entrepreneurship as an implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) for Grade 5 students at Global Madani Elementary School, Bandar Lampung. This research is categorized as Research and Development (R&D). The study population consists of 20 Grade 5 students at Global Madani Elementary School, Bandar Lampung. Data collection techniques include observation, questionnaires, interviews, checklists, documentation, and specific tests. This research produced a PjBL-based module themed on entrepreneurship as an implementation of the P5 project. The results of the module development showed that the Project-Based Learning module on entrepreneurship for Grade 5 students at Global Madani Elementary School is valid based on validation by language experts, subject matter experts, and media experts. The module demonstrated a high level of practicality, categorized as excellent. Its use was found to be quite effective, with a high effectiveness criterion and an N-Gain score categorized as effective. Keywords: Modul, Project-Based Learning, P5, Entrepreneurship

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:24
Terakhir diubah: 31 Oct 2025 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92514

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir