SELF MANAGEMENT PENGGUNA TIKTOK PADA SISWA SMPN 1 BATU BRAK LAMPUNG BARAT

AJENG , SRI WAHYUNI (2025) SELF MANAGEMENT PENGGUNA TIKTOK PADA SISWA SMPN 1 BATU BRAK LAMPUNG BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Ajeng Sri Wahyuni.pdf

Download (2399Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Ajeng Sri Wahyuni.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2401Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Ajeng Sri Wahyuni.pdf

Download (2401Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan sosial media TikTok pada peserta didik di SMPN 1 Batu Brak Lampung Barat. Kecanduan media sosial Tiktok ini dapat menimbulkan dampak negatif yang dialami oleh pelajar. Peneliti mengaitkan self management atau manajemen diri untuk melihat penggunaan sosial media TikTok pada siswa di SMPN 1 Batu Brak Lampung Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sensus dalam penelitian ini sebanyak 92 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini meggunakan kuesioner dengan skala self management pengguna TikTok pada siswa SMPN 1 Batu Brak Lampung Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self management siswa dalam menggunakan aplikasi TikTok berada di tingkat sedang. Namun jika dilihat berdasarkan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin dengan hasil jenis kelamin laki-laki memiliki self management yang rendah dengan presentase sebanyak 37,5% dibandingkan perempuan yaitu 35% dalam menggunakan aplikasi TikTok. Sedangkan, karakteristik responden berdasarkan rentang kelas, kelas IX memiliki kategori self management yang rendah dengan presentase sebanyak 63%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa self management dalam menggunakan aplikasi Tiktok pada siswa kelas IX yang mayoritas jenis kelaminnya laki-laki mendapati kategori rendah. Kata kunci : bimbingan dan konseling, manajemen diri The problem in this study is the use of TikTok social media among students at SMPN 1 BATU BRAK. The researcher's interest in self-management or self- management is to see the use of TikTok social media among students at SMP Negeri 1 Batu Brak. The research method used is the quantitative method. The population in this study was 92 students with a saturated sample, meaning that the entire population is the research sample. Data collection in this study used a questionnaire with a scale of self- management of TikTok users among students at SMP Negeri 1 Batu Brak. The results showed that the level of student self-management in using the TikTok application was at a moderate level. However, when viewed based on the characteristics of respondents based on gender, the results showed that male gender had low self-management compared to female in using the TikTok application with a percentage of 37.5%. While the characteristics of respondents based on class range, class IX has a low self- management category with a percentage of 63%. So it can be concluded that self- management in using the Tiktok application for class IX students, the majority of whom are male, is in the low category. Keywords: guidance and counseling, self management

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 31 Oct 2025 07:17
Terakhir diubah: 31 Oct 2025 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92525

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir