GHANIYA , IREL ZAMZAMNI (2025) PENERAPAN HANDOUT DIGITAL BERBANTUAN HEYZINE UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - GHANIYA IREL ZAMZAMNI.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - GHANIYA IREL ZAMZAMNI.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - GHANIYA IREL ZAMZAMNI.pdf Download (2122Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dampak penggunaan handout digital yang didukung oleh Heyzine terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Dasar Desain Grafis di kelas X Multimedia SMK Palapa Bandar Lampung. Metode yang diterapkan ialah eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Handout digital yang menjadi media utama dirancang menggunakan Canva Premium dan disajikan dalam bentuk flipbook interaktif lewat platform Heyzine, sehingga siswa bisa mengaksesnya secara mandiri. Selama proses pembelajaran, handout ditampilkan dan dipelajari oleh siswa melalui link Heyzine yang dibagikan oleh guru, yang membuat proses belajar lebih fleksibel dan interaktif. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah serangkaian soal pretest dan posttest yang berjumlah 20 butir pilihan ganda yang telah diuji untuk validitas dan reliabilitasnya. Data yang didapat dianalisis dengan uji normalitas dan perhitungan N-Gain. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan handout digital. Ini terlihat dari nilai rata-rata pretest yang mencapai 46,19 dan nilai rata-rata posttest yang berada di angka 81,67. Analisis N-Gain menunjukkan adanya kategori peningkatan sedang dengan nilai 0,65. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan handout digital berbantuan Heyzine terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi desain berbasis gambar vektor. Media ini dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran visual yang interaktif dan menarik, terutama untuk jurusan multimedia. KataKunci:Handout Digital, Heyzine, Hasil belajar, desain Vektor This research seeks to uncover how the utilization of digital handouts enhanced by Heyzine affects student learning achievements in the Basic Graphic Design course for X Multimedia students at SMK Palapa Bandar Lampung. The approach taken is an experimental method using a One Group Pretest-Posttest Design. The primary teaching materials, the digital handouts, were created with Canva Premium and delivered as an interactive flipbook via the Heyzine platform, allowing students to access them on their own. Throughout the educational process, the handouts were presented and reviewed by the pupils through a Heyzine link provided by the instructor, facilitating a more adaptable and engaging learning experience. The instruments employed in this investigation included a set of pretest and posttest questions consisting of 20 multiple-choice items that were verified for validity and reliability. The collected data were evaluated through a normality test and N-Gain calculations. The findings indicated that there was a notable improvement in student learning outcomes following the instruction using digital handouts. This improvement was reflected in the average pretest score of 46. 19 and an average posttest score of 81. 67. The N-Gain analysis displayed a moderate increase category with a score of 0. 65. Therefore, it can be inferred that the employment of digital handouts supported by Heyzine has been effective in enhancing student learning outcomes in vector- based design subjects. This resource can serve as an alternative method for creating interactive and stimulating visual learning, particularly for students in multimedia fields. Keywords: digital handout, Heyzine, learning outcomes, vector design
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 08:01 |
| Terakhir diubah: | 31 Oct 2025 08:01 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92542 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
