PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BERBANTUAN UNITY 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER

LUSSY , MADANI (2025) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BERBANTUAN UNITY 3D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - LUSSY MADANI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - LUSSY MADANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2766Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PWMBAHASAN -LUSSY MADANI.pdf

Download (2012Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran Augmented Reality berbantuan unity untuk siswa kelas X TKJ di SMK Palapa Bandar Lampung dalam mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Komputer & Jaringan. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Proses pengumpulan data terdiri dari validasi oleh ahli materi dan ahli media, angket respons pengguna untuk mengukur kepraktisan, dan pre-test dan post-test untuk mengukur seberapa efektif media untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media menerima skor 100% dari ahli materi dengan kategori validitas sangat tinggi dan 77,5% dari ahli media dengan kategori validitas sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa media layak digunakan dalam pembelajaran. 95% guru dan 92,75% siswa dalam kategori sangat praktis mendapatkan skor sangat praktis dalam uji praktis, yang menunjukkan bahwa media mudah digunakan dan menarik. Dengan menggunakan desain satu kelompok pre-test dan satu kelompok post-test, uji efektivitas dilakukan terhadap siswa kelas X. Hasil menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dari 38,14 pada pre-test menjadi 82,96 pada post-test, dengan nilai N-Gain sebesar 0,66 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality berbantuan unity yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Perangkat Keras Komputer di SMK. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa media ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan secara signifikan hasil belajar siswa. Kata kunci: media pembelajaran, Augmented Reality, hasil belajar, perangkat keras komputer, SMK. This observe targets to develop Augmented Reality-based studying media supported by Unity for the subject of Basic Computer and Network Engineering for Grade X TKJ students at SMK Palapa Bandar Lampung. The research employs the Research and Development (R&D) method using the 4D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Data collection techniques include validation by subject matter experts and media experts, user response questionnaires to measure practicality, as well as pre- tests and post-tests to assess the effectiveness of the media in improving learning outcomes. Validation results show that the media received a score of 100% from the subject matter expert (very high validity category) and 77.5% from the media expert (high validity category), indicating that it is feasible to be used in studying. The practicality test yielded scores of 95% from the teacher (very practical category) and 92.75% from students (very practical category), indicating that the media is easy to use and engaging. The effectiveness test, using a one-group pre-test post-test design on Grade X students, showed an increase in average scores from 38.14 (pre-test) to 82.96 (post-test), with an N-Gain score of 0.66, labeled as moderate. Based on these results, it can be concluded that the Augmented Reality learning media developed using Unity is valid, practical, and effective for teaching Computer Hardware in vocational schools and significantly improves student learning outcomes. Keywords: learning media, Augmented Reality, learning outcomes, computer hardware, vocational school.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 31 Oct 2025 08:06
Terakhir diubah: 31 Oct 2025 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92545

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir