DIMAS , AGUNG PAMUNGKAS (2025) ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - DIMAS AGUNG PAMUNGKAS.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI - DIMAS AGUNG PAMUNGKAS.pdf Restricted to Hanya staf Download (1973Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - DIMAS AGUNG PAMUNGKAS.pdf Download (1908Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menemukan permasalahan pada pola komunikasi interpersonal yang terbentuk antara pemain saat bermain game Mobile Legends. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait pola komunikasi interpersonal mahasiswa saat bermain Mobile Legends dalam konteks kerja sama tim, pemecahan konflik, dan pencapaian tujuan bersama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa aktif Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung yang aktif bermain Mobile Legends. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal mahasiswa saat bermain Mobile Legends cenderung bersifat negatif atau toxic. Pola komunikasi primer sering digunakan untuk melontarkan kata-kata kasar, hinaan, bahkan serangan verbal yang menyasar isu sensitif seperti SARA dan keluarga, terutama saat mengalami kekalahan. Pola sekunder seperti quick chat dan emotikon kerap disalahgunakan untuk menyindir atau memprovokasi. Sementara itu, pola sirkular menunjukkan umpan balik negatif yang memicu konflik dalam tim. Ketiga pola ini mencerminkan ketidakmampuan sebagian mahasiswa dalam mengelola emosi dan komunikasi secara sehat di lingkungan digital. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan nilai-nilai komunikasi yang etis, empatik, dan bertanggung jawab dalam interaksi daring. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Mobile Legends, Mahasiswa Ilmu pendidikan, Pemain Game Online This study found problems in the interpersonal communication patterns formed between players when playing the Mobile Legends game. This study aims to obtain an overview of students' interpersonal communication patterns when playing Mobile Legends in the context of teamwork, conflict resolution, and achieving shared goals. This study used a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection was conducted through in-depth interviews. The subjects in this study were three active students of the Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung who actively play Mobile Legends. The research results show that students' interpersonal communication patterns while playing Mobile Legends tend to be negative or toxic. Primary communication patterns are often used to hurl insults, insults, and even verbal attacks targeting sensitive issues such as ethnicity, religion, race, and intergroup relations (SARA) and family, especially when experiencing defeat. Secondary patterns, such as quick chat and emoticons, are often misused to sarcasm or provoke. Meanwhile, circular patterns indicate negative feedback that triggers conflict within teams. These three patterns reflect the inability of some students to manage emotions and communicate healthily in the digital environment. Therefore, it is crucial to instill ethical, empathetic, and responsible communication values in online interactions. Keywords: Interpersonal Communication, Mobile Legends, Education Students, Online Game Players
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 08:28 |
| Terakhir diubah: | 31 Oct 2025 08:28 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92549 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
