Ika Nuryanti , - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 SEKINCAU TAHUN 2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - IKA NURYANTI.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - IKA NURYANTI.pdf Restricted to Hanya staf Download (3246Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - IKA NURYANTI.pdf Download (3060Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI Soshum pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Sekincau. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah di SMA Negeri 1 Sekincau. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas XI Soshum SMA Negeri 1 Sekincau. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-F6 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik uji paired sample t- test, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan analisis respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI Soshum di SMA Negeri 1 Sekincau. Hal tersebut dibuktikan uji paired sample t-test dan uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI Soshum di SMA Negeri 1 Sekincau. Selanjutnya, nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,874 yang artinya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 87,4%. Selain itu, respon peserta terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran geografi tergolong baik dengan kategori 72,60%. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, geografi. The purpose of this study was to determine the effect of problem-based learning models on critical thinking skills of class XI Soshum students in geography subjects at SMA Negeri 1 Sekincau. In addition, this study also aims to determine students' responses to the application of problem-based learning models at SMA Negeri 1 Sekincau. This study used a pre-experimental method with a population of all class XI Soshum students of SMA Negeri 1 Sekincau. The sample in this study was class XI-F6 which was taken using purposive sampling techniques. Data collection techniques used tests, questionnaires, interviews, and documentation. The data were then analyzed using paired sample t-test techniques, simple linear regression tests, determination coefficient tests and student response analysis. The results showed that problem-based learning models influenced students' critical thinking skills in geography subjects of class XI Soshum at SMA Negeri 1 Sekincau. This is proven by the paired sample t-test and simple linear regression test with a significance value of 0.000 <0.05, then the problem-based learning model has an effect on students' critical thinking skills in geography subjects for class XI Soshum at SMA Negeri 1 Sekincau. Furthermore, the Adjusted R Square value is 0.874, which means that the effect of the problem-based learning model on students' critical thinking skills is 87.4%. In addition, the participants' response to the application of the problem-based learning model in geography learning is classified as good with a category of 72.60%. Keywords: problem based learning, critical thinking skills, geography.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:29 |
| Terakhir diubah: | 03 Nov 2025 02:29 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92591 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
