PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES URAIAN BERMUATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

SHELLA , SAFINA ANWAR (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES URAIAN BERMUATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - SHELLA SAFINA ANWAR.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL -SHELLA SAFINA ANWAR.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2028Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - SHELLA SAFINA ANWAR.pdf

Download (843Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan kepraktisan instrumen tes uraian bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematic) untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Instrumen dikembangkan mengacu pada indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana, memberikan alasan, memberikan penjelasan lanjut, menyimpulkan, dan strategi dan taktik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model DDR (Design and Development Research). Validitas produk dilakukan oleh dua dosen dan dua praktisi (guru) untuk menilai aspek konstruk, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validitas teoritik menggunakan review ahli diperoleh sangat valid. Kemudian, dilakukan uji validitas empirik menggunakan Rasch Model yang menunjukkan indikator pengamatan dinyatakan valid. Instrumen tes uraian ini memiliki reliabilitas yang cukup dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0.96. Uji kepraktisan menunjukkan skor rata-rata sebesar 89.96 % dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian, instrumen tes uraian yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan sebagai alat ukur yang valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, STEM, Tes Uraian, Usaha dan Energi DEVELOPMENT OF STEM-BASED ESSAY TEST INSTRUMENTS (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TO MEASURE CRITICAL THINKING SKILLS By SHELLA SAFINA ANWAR This study aims to determine the validity, reliability, and practicality of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) essay test instruments to measure students' critical thinking skills in the subject of work and energy. The instrument was developed based on critical thinking indicators, namely providing simple explanations, giving reasons, providing further explanations, drawing conclusions, and strategies and tactics. The method used in this study was R&D with the DDR (Design and Development Research) model. Product validity was assessed by two lecturers and two practitioners (teachers) to evaluate the construct, substance, and language aspects. Based on the results of theoretical validity using expert review, the instrument was found to be highly valid. Subsequently, empirical validity testing using the Rasch Model was conducted, which indicated that the observation indicators were valid. This essay test instrument has sufficient reliability with a Cronbach's alpha value of 0.96. The practicality test showed an average score of 89.96%, categorized as very high. Thus, the developed descriptive test instrument meets the criteria for suitability as a valid, reliable, and practical measurement tool. Keywords: Critical Thinking Skills, STEM, Descriptive Test, Work and Energy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 03 Nov 2025 04:39
Terakhir diubah: 03 Nov 2025 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92624

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir