HAIRANI, HERYADI (2025) REPRESENTASI SIMBOL FEMINISME PEREMPUAN PADA TOKOH UTAMA FILM SERIAL “GADIS KRETEK” (KAJIAN SEMIOTIKA JOHN FISKE ). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK -HAIRANI HERYADI.pdf Download (220Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL - HAIRANI HERYADI.pdf Restricted to Hanya staf Download (3191Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
THESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - HAIRANI HERYADI.pdf Download (2571Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Film sebagai media yang merepresentasikan makna sebagai hasil imajinasi pengarang cerita, sutradara, produser, maupun rumah produksi untuk menyebarluaskan pemikiran, ideologi, atau realitas empiris yang merekam secara jujur nilai-nilai sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat. Netflix sebagai aplikasi streaming film berbayar, menjadi salah satu media digital yang menampilkan nilai- nilai feminisme melalui peran tokoh utama yang ada dalam Film Serial “Gadis Kretek”. Melalui penelitian ini, peneliti bertujuan untuk merepresentasikan serta menjelaskan bagaimana simbol feminisme dianalisa menggunakan kode-kode semiotika dari John Fiske, yaitu kode realitas, kode representasi dan kode ideologi. Metode yang peneliti gunakan adalah studi kepustakaan yang dilakukan dengan mengumpulkan data berupa dokumen audio visual. Pendekatan berupa kode-kode dari John Fiske, dinilai ideal dan umum digunakan dalam sebuah film untuk menampilkan sebuah makna yang tersirat sehingga pesan yang dibawa oleh setiap adegan dalam film dapat tersampaikan dengan baik kepada penonton. Penulis menemukan 4 (empat) poin utama yang menyiratkan aspek relasi ketidakadilan antara laki-laki dan perempuan, diantaranya adalah marginalisasi, subordinasi, steorotip negatif dan kekerasan terhadap perempuan. Hasil yang peneliti peroleh adalah terdapat 3 (tiga) nila-nilai feminisme yang terkandung didalamnya, sebagai gerakan perlawanan terhadap ketidakadilan antara laki-laki dan perempuan, yaitu gerakan feminisme liberal, feminisme eksistensialis dan feminisme radikal libertarian. Kata kunci: Representasi Film, Semiotika John Fiske, Feminisme. Film as a media that represents meaning as a result of the imagination of the story's author, director, producer, and production house to disseminate thoughts, ideology, or empirical reality that honestly records the social values occurring within a society. Netflix, as a paid film streaming application, has become one of the digital media presenting feminist values through the roles of the main characters in the Serial Film “Gadis Kretek”. Through this research, the researcher aims to represent and explain how feminist symbols are analyzed using the semiotic codes of John Fiske, namely reality codes, representation codes, and ideology codes. The method used by the researcher is literature study conducted by collecting data in the form of audiovisual documents. The approach in the form of codes from John Fiske is considered ideal and commonly used in a film to convey an implied meaning so that the message carried by each scene in the film can be well communicated to the audience. The author found 4 (four) main points that imply the relational aspects of injustice between men and women, namely marginalization, subordination, negative stereotypes, and violence against women. The results obtained by the researcher indicate that there are 3 (three) values of feminism contained within it, as a movement of resistance against the injustices between men and women, which are liberal feminism, existential feminism, and radical libertarian feminism. Keywords: Film Representation, John Fiske's Semiotic Codes, Feminism.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial |
| Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S2-Magister Ilmu Komunikasi |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 07:37 |
| Terakhir diubah: | 03 Nov 2025 07:37 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92641 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
