PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD BERBASIS QR-CODE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK DI SMA AL-HUDA JATI AGUNG

Noer , Afifah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD BERBASIS QR-CODE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK DI SMA AL-HUDA JATI AGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABASTRAK - ABSTRACT - Noer Afifah.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Noer Afifah.pdf

Download (3954Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Noer Afifah.pdf

Download (3414Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Berbasis QR-Code terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik di SMA Al-Huda Jati Agung. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Al-Huda Jati Agung. Sampel dalam peneltian ini berjumlah 64 responden yang terdiri dari 32 responden kelas eksperimen dan 32 responden kelas kontrol. Teknik perhitungan data menggunakan bantuan Microsoft Excel dan SPSS 27. Pengambilan data penelitian menggunakan Teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat dampak yang signifikan dari pengunaan media pembelajaran crossword terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas XI di SMA Al-Huda Jati Agung. Yang berdasarkan uji N- Gain Score mempunyai efektivitas sebesar 74,86% yang dapat dikategorikan cukup efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran crossword memberikan hasil belajar yang positif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Crossword, Hasil Belajar The purpose of this study was to determine the use of QR-Code Based Crossword Learning Media on Pancasila Education Learning Outcomes of Students at Al-Huda Jati Agung High School. This research method is a quasi-experiment with a quantitative approach. The subjects of this study were grade XI students at SMA Al-Huda Jati Agung. The sample in this study amounted to 64 respondents consisting of 32 experimental class respondents and 32 control class respondents. Data calculation techniques using the help of Microsoft Excel and SPSS 27. Data collection for the study was conducted using testing and documentation techniques. Based on the calculation of the independent sample t-test test used in this study, it was found that there was a significant impact of the use of crossword learning media on the learning outcomes of students in Pancasila education class XI at SMA Al-Huda Jati Agung. Which based on the N-Gain Score test has an effectiveness of 74.86% which can be categorized as quite effective. The results showed that crossword learning media provided positive learning outcomes. The results also show that students who use this learning media can improve the learning outcomes of Pancasila Education. Keywords: Learning Media, Crossword, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 04 Nov 2025 08:28
Terakhir diubah: 04 Nov 2025 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92679

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir