Dhea , Ovita (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPAS BERORIENTASI ASSESSMENT AS LEARNING (AaL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Dhea Ovita.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL - Dhea Ovita.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN -Dhea Ovita.pdf Download (3318Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD IPAS berorientasi Assessment as Learning (AaL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Desa Tanjung Harapan, Lampung Tengah. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Tanjung Harapan. Data penelitian berupa hasil validasi LKPD oleh ahli, hasil praktikalitas LKPD dari angket respon pendidik dan peserta didik, serta hasil efektifitas LKPD. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD IPAS berorientasi AaL valid yang dibuktikan dari hasil validasi ahli materi 0,6240,validasi ahli media 0,7639, validasi ahli bahasa 0,6250; LKPD IPAS berorientasi AaL praktis untuk digunakan, yang dibuktikan dari hasil persentase praktikalitas pendidik yaitu 96 dan praktikalitas peserta didik yaitu 91,9; LKPD IPAS berorientasi AaL efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dari hasil n-gain yaitu 0,6351. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD IPAS berorientasi AaL valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD. Kata kunci: LKPD, assessment as learning (AaL), berpikir kritis The objective of this study is to develop a science and social science student worksheet (LKPD IPAS) oriented toward Assessment as Learning (AaL) to enhance the critical thinking skills of fourth-grade elementary school students. This study employs a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE development model. The population of this study consists of fourth-grade students from the Ki Hajar Dewantara Cluster in Tanjung Harapan Village, Central Lampung. The research sample includes fourth-grade students from SDN 1 Tanjung Harapan. Data collection was carried out using valid and reliable test instruments. The results indicate that; The AaL-oriented science and social science student worksheet (LKPD IPAS) is valid, as demonstrated by the validation results from content experts (0.6240), media experts (0.7639), and language experts (0.6250); The science and social science student worksheet (LKPD IPAS) is practical for use, as indicated by the practicality percentages from teachers (96%) and students (91.9%); and the science and social science student worksheet (LKPD IPAS) is effective in improving students’ critical thinking skills, as evidenced by an N-Gain score of 0.6351. Therefore, it can be concluded that the AaL-oriented science and social science student worksheet (LKPD IPAS) is valid, practical, and effective in enhancing the critical thinking abilities of fourth-grade elementary school students. Keywords: student worksheet, assessment as learning (AaL), critical thinking
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:53 |
| Terakhir diubah: | 05 Nov 2025 02:53 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92707 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
