PUPUT , OKTAVIANI (2025) PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 1 TRIHARJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - PUPUT OKTAVIANI.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - PUPUT OKTAVIANI.pdf Restricted to Hanya staf Download (1700Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - PUPUT OKTAVIANI.pdf Download (1555Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Triharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Outdoor Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Triharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Triharjo dengan jumlah 55 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh berjumlah 55 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes uraian mata pelajaran IPAS. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Outdoor Learning terhadap kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Triharjo, yang ditunjukan dengan peningkatan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,363 yang berarti model Outdoor Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada kategori yang sedang. Kata Kunci: kemampuan literasi sains, IPAS, outdoor learning. The problem in this study was the low scientific literacy skills of Grade IV students at SD Negeri 1 Triharjo. This study aimed to determine the effect of the Outdoor Learning model on the scientific literacy skills of Grade IV students in the IPAS subject at SD Negeri 1 Triharjo. The method used in this research was quasi- experimental with a nonequivalent control group design. The population of this study consisted of all Grade IV students at SD Negeri 1 Triharjo, totaling 55 students. This research used a saturated sampling technique involving all 55 students. The instrument used was an essay test in the IPAS subject. Data were analyzed using the N-Gain test. The results showed that the Outdoor Learning model had an effect on students' scientific literacy skills in the IPAS subject, as indicated by an N-Gain increase of 0.363 in the experimental class, which means the Outdoor Learning model could improve students' scientific literacy skills to a moderate category. Keywords: scientific literacy skills, sciens, outdoor learning.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 03:58 |
| Terakhir diubah: | 05 Nov 2025 03:58 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92714 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
