PENGARUH PENGGUNAAN WEB WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SDN 1 METRO PUSAT

SARAH , HANDAYANI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN WEB WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SDN 1 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - SARAH HANDAYANI.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - SARAH HANDAYANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1510Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - SARAH HANDAYANI.pdf

Download (1179Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan kosakata bahasa Indonesia kelas III sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh web Wordwall dalam meningkatkan kosakata bahasa Indonesia peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 peserta didik, sampel 57 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda dan teknik non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan web Wordwall dalam meningkatkan kosakata bahasa Indonesia peserta didik kelas III sekolah dasar. Kata kunci: bahasa indonesia, kosakata, web wordwall. The problem in this study was the low mastery of Indonesian vocabulary among third-grade elementary school students. This research aimed to determine the effect of the Wordwall web platform in improving students’ Indonesian vocabulary. The research method used was a quasi-experimental design. The population of this study consisted of 57 students, and the sample also included 57 students, selected using a non-probability sampling technique. Data collection techniques included tests in the form of multiple-choice questions and non-test techniques such as observation sheets. The hypothesis testing was conducted using a simple linear regression formula. Research results it was concluded that there was a significant effect of using the Wordwall web in improving Indonesian vocabulary among third-grade elementary school students. Keywords: indonesian, vocabulary, wordwall web.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:27
Terakhir diubah: 05 Nov 2025 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92722

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir