PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MUSICAL THERAPY UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

FATIA , ANGGRAENI (2025) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MUSICAL THERAPY UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (1) - Fatia Anggraeni.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Fatia Anggraeni.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1329Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (1) - Fatia Anggraeni.pdf

Download (1197Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya tingkat stres akademik yang dialami oleh siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik musical therapy dalam menurunkan stres akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandar Lampung yang mengalami stres akademik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan tingkat stres akademik yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan layanan konseling dengan teknik musical therapy. Hal ini didukung oleh hasil uji Wilcoxon dengan nilai Z = -2,032 dan signifikansi 0,042 (p < 0,05), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, layanan konseling kelompok menggunakan teknik musical therapy terbukti dapat memberikan pengaruh signifikan dalam menurunkan stres akademik siswa di SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Kata Kunci: konseling kelompok, musical therapy, stres akademik, siswa. The problem in this study is the high level of academic stress experienced by students. The purpose of this research is to examine the effect of group counseling services using musical therapy techniques in reducing students' academic stress. The method used is a quasi-experimental design with a quantitative approach, involving an experimental group and a control group. The research subjects were eighth-grade students at SMP Negeri 12 Bandar Lampung who experienced academic stress, selected through purposive sampling. The results showed a significant decrease in academic stress levels in the experimental group after receiving group counseling with musical therapy techniques. This finding is supported by the Wilcoxon test result with a Z value of -2.032 and a significance level of 0.042 (p < 0.05), leading to the rejection of the null hypothesis (H0) and acceptance of the alternative hypothesis (Ha). Therefore, group counseling services using musical therapy techniques are proven to have a significant effect on reducing academic stress among students at SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Keywords: group counseling, musical therapy, academic stress, students.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:14
Terakhir diubah: 05 Nov 2025 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92729

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir