Zainal , Abidin (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN AUTENTIK URAIAN PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LITERASI NUMERASI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN ARGUMENTATIF SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK -Zainal Abidin.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL -Zainal Abidin.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Zainal Abidin.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen autentik uraian pelajaran matematika berbasis literasi numerasi untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan argumentatif siswa Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research .and Development (R&D), dengan teori Borg & Gall sebagai acuan. Subjek dalam penelitian ini adalah validator sebagai subjek uji coba produk, pendidik dan siswa kelas V SDN 1 Sriwijaya di Gugus Dewi Sartika sebagai subjek uji coba pemakaian. Instrumen angket digunakan sebagai alat pengumpul data.. Hasil akhir rata-rata dari validasi ahli materi, ahli evaluasi dan ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 83% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktisi pendidik rata-rata persentase 88% dan siswa rata-rata persentase 90% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas dari tanggapan pendidik diperoleh 83% dengan kriteria sangat efektif. .Maka, instrumen asesmen autentik uraian pelajaran matematika berbasis literasi numerasi terbukti valid, .praktis, dan .efektif. untuk mengukur keterampilan berpikir. kritis dan argumentatif siswa Sekolah Dasar. Kata kunci: asesmen autentik uraian, matematika, literasi numerasi, berpikir kritis, argumentatif This study aims to develop a valid, practical, and effective authentic assessment instrument (essay) in mathematics based on numerical literacy to measure the critical thinking and argumentative skills of elementary school students. Research and Development (R&D) is type of this research, referring to the development model by Borg & Gall. The subjects of this study included expert validators as product trial subjects, as well as teachers and fifth-grade students of SDN 1 Sriwijaya in the Dewi Sartika cluster as the implementation trial subjects. Data collection tools used a questionnaire instrument that had been validated and proven reliable. The results showed that the average final score from content experts, evaluation experts, and language experts was 83%, categorized as very valid. The results of the practicality test indicated an average percentage of 88% from teachers and 90% from students, categorized as very practical. The effectiveness test based on teacher responses yielded 83%, categorized as very effective. Therefore, it can be concluded that the developed authentic assessment instrument (essay) in mathematics based on numerical literacy is valid, practical, and effective for measuring the critical and argumentative thinking skills of elementary school students. Keywords: authentic assessment essay, mathematics, numerical literacy, critical thinking, argumentative
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:35 |
| Terakhir diubah: | 05 Nov 2025 07:35 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92731 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
