PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN LITERASI SAINS BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PEMUAIAN

Tri, Wulandari (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN LITERASI SAINS BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PEMUAIAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - ABSTRACT_SETYA NINGRUM - Setya Ningrum (1).pdf

Download (264Kb) | Preview
[img] File PDF
Full Tesis Tanpa Lampiran_ Tri Wulandari - Tri Wulandari (2).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full Tesis tanpa bab Pembahasan dan Lampiran_Tri Wulandari - Tri Wulandari (3).pdf

Download (3810Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen literasi sains berbasis Socio Scientific Issues (SSI) pada materi suhu, kalor dan pemuaian yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian menggunakan R&D yang mengacu pada model pemgembangan 4-D (Define, Design, Development, Disseminate) yang disarankan oleh Thiagarajan. Subyek penelitian awal pada penelitian pendahuluan adalah 20 guru di kabupaten Pesawaran dan 80 peserta didik. Sampel pada tahap uji coba terbatas yaitu 30 peserta didik kelas VII. Tahap uji coba luas menggunakan dua sekolah dengan total peserta didik sebanyak 55 peserta didik. Uji validasi pengembangan instrumen penilaian dilakukan oleh pakar evaluasi yaitu dosen ahli dan guru IPA. Kuesioner digunakan untuk memperoleh data kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen literasi sains berbasis SSI berkategori “sangat valid” (87,94%) pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Validitas produk didukung oleh data kuesioner yang menyatakan bahwa produk yang dihasilkan "sangat praktis" (87,50%) dan "efektif" (89,00%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen literasi sains berbasis SSI valid, praktis, dan efektif dalam mengukur kemampuan literasi sains peserta didik pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Kata kunci : Instrumen Asesmen, Socio Scientific Issues, Literasi sains This study aims to develop a valid, practical, and effective Socio Scientific Issues (SSI)-based science literacy assessment instrument on temperature, heat, and expansion material. The research method uses R&D which refers to the 4-D development model (Define, Design, Development, Disseminate) suggested by Thiagarajan. The initial research subjects in the preliminary study were 20 teachers in Pesawaran district and 80 students. The sample in the limited trial stage was 30 grade VII students. The extensive trial stage used two schools with a total of 55 students. The validation test of the assessment instrument development was carried out by evaluation experts, namely expert lecturers and science teachers. The questionnaire was used to obtain data on the practicality and effectiveness of the product. The results showed that the SSI-based science literacy assessment instrument was categorized as "very valid" (87.94%) in terms of material, construction, and language. The validity of the product is supported by questionnaire data stating that the product produced is "very practical" (87.50%) and "effective" (89.00%). Thus, it can be concluded that the SSI-based science literacy assessment instrument is valid, practical, and effective in measuring students' science literacy skills on the material of temperature, heat, and expansion. Keywords: Assessment Instrument, Socio Scientific Issues, Scientific Literacy

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:12
Terakhir diubah: 06 Nov 2025 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92762

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir