STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR (Studi Pada Instagram @kebanana.bfd)

Putri , Meidina Savitri (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR (Studi Pada Instagram @kebanana.bfd). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Putri Meidina Savitri.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Putri Meidina Savitri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1909Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Putri Meidina Savitri.pdf

Download (1523Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, strategi komunikasi pemasaran menjadi krusial bagi para pelaku UMKM seperti @kebanana.bfd untuk memperluas jangkauan pasar. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh akun Instagram @kebanana.bfd. Dengan menggunakan metode kualitatif dan menerapkan konsep STP (Segmenting, Targeting, Positioning), studi ini mengamati bagaimana @kebanana.bfd memanfaatkan fitur – fitur Instagram secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @kebanana.bfd secara efektif menggunakan fitur followers, feed, stories, reels, direct message, like, dan comment untuk menyebarkan informasi berupa produk dan promosi serta membangun hubungan dengan konsumen. Segmentasi dilakukan berdasarkan menempatkan segmen berdasarkan geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Penargetan difokuskan pada remaja sebagai mayoritas followers, namun produk dirancang universal. Positioning merek ditekankan pada inovasi produk kebab pisang dengan varian unik. Strategi komunikasi pemasaran ini terbukti efektif meningkatkan jumlah followers dan loyalitas konsumen, meskipun terdapat tantangan seperti perubahan algoritma dan kebutuhan konten kreatif yang akan dihadapi. Kata kunci : Media Sosial, Jangkauan Pasar, Strategi Komunikasi Pemasaran In the rapidly evolving digital era, marketing communication strategies have become crucial for MSME players like @kebanana.bfd to expand their market reach. This research analyzes the marketing communication strategies implemented by the Instagram account @kebanana.bfd. Using qualitative methods and applying the STP (Segmenting, Targeting, Positioning) concept, this study observes how @kebanana.bfd optimally utilizes Instagram features. The research results show that @kebanana.bfd effectively uses features such as followers, feed, stories, reels, direct message, like, and comment to disseminate information about products and promotions as well as to build relationships with consumers. Segmentation is carried out by placing segments based on geographic, demographic, psychographic, and behavioral factors. Targeting is focused on teenagers as the majority of followers, and the product is designed to be universal. Brand positioning is emphasized on the innovation of banana kebab products with unique variants. This marketing communication strategy has proven effective in increasing the number of followers and consumer loyalty, despite challenges such as algorithm changes and the need for creative content that will be faced.. Keywords : Social media, market reach, marketing communication strategy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:35
Terakhir diubah: 06 Nov 2025 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92764

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir