FINCA , MANDELA FITRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI FINCA 2113053219 PGSD - FINCA MANDELA.pdf Download (308Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - FINCA MANDELA.pdf Restricted to Hanya staf Download (1657Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN FINCA 2113053219 PGSD - FINCA MANDELA.pdf Download (1489Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan numerasi peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan powerpoint interaktif terhadap kemampuan numerasi peserta didik. Metode yang digunakan dalam adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan jenis teknik sampling jenuh sampel 54 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal esai dan non tes berupa observasi. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh model RADEC memperoleh signifikansi 0,002 < 0,05 dan uji T digunakan untuk mengetahui perbadaan kemampuan numerasi di kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0.05. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan powerpoint interaktif terhadap kemampuan numerasi peserta didik dan terdapat perbedaan kemampuan numerasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Model pembelajaran RADEC yang didukung dengan powerpoint interaktif membantu peserta didik memahami materi matematika dengan menghubungkannya pada situasi kehidupan nyata, sehingga kemampuan numerasi mereka dapat berkembang. Kata Kunci: kemampuan numerasi, model RADEC, powerpoint interaktif. The issue addressed in this study was the low numeracy skills of fourth-grade students at SD Negeri 5 Metro Pusat. This research aimed to determine the effect of the RADEC learning model supported by interactive Powerpoint on students' numeracy skills. The method used was a quasi-experiment with a non-equivalent control group design. The sampling technique applied was saturated sampling, with a total sample of 54 students. The research instruments consisted of an essay test and a non-test in the form of observation sheets. The data were analyzed using simple linear regression to determine the effect of the RADEC model, resulting in a significance value of 0.002 < 0.05. A t-test was used to determine the difference in numeracy skills between the experimental and control classes, yielding a significance value of 0.000 < 0.05. The results of the study showed that there was an effect of the RADEC learning model assisted by interactive Powerpoint on students' numeracy abilities, and there was a difference in numeracy abilities between the experimental class and the control class of fourth-grade students at SD Negeri 5 Metro Pusat. The RADEC learning model, enhanced with interactive Powerpoint, effectively helped students understand mathematical concepts by connecting them to real-life contexts, thereby improving their numeracy skills. Keywords: interactive powerpoint, numeracy skills, RADEC model.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 08:33 |
| Terakhir diubah: | 07 Nov 2025 08:33 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92851 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
