Ismey , Dinaeny (2025) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Rocket Digital.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf Restricted to Hanya staf Download (1619Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf Download (1478Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pengembangan karakter peserta didik di Segugus RA. Kartini di Kecamatan Metro Timur khususnya dalam kaitannya dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) telah menanamkan nilai-nilai utama yang ingin dikembangkan dalam P5 yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berbhinnekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran dalam mengembangkan karakter peserta didik di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini membuktikan manajemen pembelajaran dalam mengembangkan karakter peserta didik di sekolah dasar terdiri dari 1) Perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan karakter beriman, berakhlak mulia, berbhinnekaan global, bekerja sama, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif di Segugus RA. Kartini. 2) Pengorganisasian proses pendidikan untuk mengembangkan karakter beriman, berakhlak mulia, berbhinnekaan global, bekerja sama, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif di Segugus RA. Kartini melibatkan pembentukan tim pelaksana dan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP). 3) Pelaksanaan pembelajaran sesuai rencana mendukung perkembangan karakter beriman, berakhlak mulia, berbhinnekaan global, bekerja sama, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif peserta didik dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila. 4) Pengawasan pembelajaran dalam pelaksanaan P5 sangat penting untuk memastikan bahwa kegiatan berjalan sesuai dengan kurikulum merdeka dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kata kunci : karakter peserta didik, manajemen pembelajaran, sekolah dasar ABSTRACT Character development of students in Segugus RA. Kartini in East Metro District, especially in relation to the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5), has instilled the main values to be developed in P5, namely faith, devotion to God Almighty and noble character, global diversity, mutual cooperation, independence, critical reasoning, and creativity. This study aimed to describe learning management in developing students' character in elementary schools. The method used was a qualitative approach with a case study research type. The data collection techniques used were interviews, observations, and document studies. The results of this study proved that learning management in developing the character of students in elementary schools consists of 1) Learning planning in developing the character of faith, noble character, global diversity, cooperation, independence, critical thinking, and creativity in Segugus RA. Kartini Segugus. 2) Organizing the educational process to develop the character of faith, noble character, global diversity, cooperation, independence, critical thinking, and creativity in Segugus RA. Kartini involves forming an implementation team and making Standard Operating Procedures (SOP). 3) The implementation of learning according to the plan supports the development of the character of faith, noble character, global diversity, cooperation, independence, critical thinking, and creativity of students by applying the values of Pancasila. 4) Learning supervision in the implementation of P5 is very important to ensure that activities run according to the independent curriculum and to improve the quality of education. Keywords: learner character, learning management, elementary school
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 13:33 |
| Terakhir diubah: | 07 Nov 2025 13:33 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92870 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
