M. SYUKRI, LIMBONG (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK SYUKRI - Syukri Limbong (1).pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL SYUKRI - Syukri Limbong (1).pdf Restricted to Hanya staf Download (2252Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN SYUKRI - Syukri Limbong (1).pdf Download (1502Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided inquiry pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan berkolaborasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan weak experimental dengan desain the one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI F.1 sampai XI F.4 SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan sampel penelitian yaitu kelas XI F.2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterampilan berkolaborasi sebesar 79,53% (kategori baik), dengan rician yaitu indikator kerjasama berkelompok secara efektif sebesar 78,45% (kategori baik), dan indikator membuat kompromi yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama sebesar 80,60% (kategori sangat baik). Indikator kerjasama berkelompok secara efektif, dan membuat kompromi yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama mengalami peningkatan. Indikator yang memiliki rata-rata paling tinggi yaitu pada indikator membuat kompromi yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran guided inquiry pada materi larutan penyangga efektif dalam meningkatkan keterampilan berkolaborasi. Kata kunci: guided inquiry, keterampilan berkolaborasi, larutan penyangga. ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of the guided inquiry learning model on buffer solution materials to improve collaboration skills. The method in this study uses a weak experimental with the design of the one shot case study. The population in this study is all students in grades XI F.1 to XI F.4 of SMA Negeri 13 Bandar Lampung for the 2024/2025 Academic Year. Sampling was done using purposive sampling techniques, so that a research sample was obtained, namely class XI F.2. The data analysis technique used is descriptive. The results showed that the average collaboration skills were 79.53% (good category), with the indicator of effective group cooperation at 78.45% (good category), and the indicator of making the compromise needed to achieve common goals was 80.60% (very good category). Indicators of effective group cooperation, and making the compromises necessary to achieve common goals are increasing. The indicator that has the highest average is the one that makes the necessary compromises to achieve a common goal. This shows that the guided inquiry learning model on buffer solution material is effective in improving collaboration skills. Keywords: buffer solution, collaboration skills, guided inquiry
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEDOKTERAN (FK) > Prodi S2-Pulmonologi Dan Kedokteran Respirasi |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 13:45 |
| Terakhir diubah: | 11 Nov 2025 06:36 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92872 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
