MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBING BILANGAN MELALUI PERMAINAN KELERENG PADA KELOMPOK B TK ANISA METRO TIMUR

WIDYA WATI, 1213254037 (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBING BILANGAN MELALUI PERMAINAN KELERENG PADA KELOMPOK B TK ANISA METRO TIMUR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran dimana masalah kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan mayoritas masih belum berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan kelereng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan daur siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yakni (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode observasi sebagai metode primer dan metode dokumentasi sebagai metode sekunder. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan melalui permainan kelereng dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan, ini terlihat dari data peningkatan rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan yang semula pada siklus 1 hanya 40% anak yang mengenal lambang bilangan, meningkat menjadi 65% pada siklus kedua dan 90% pada siklus ke III. Oleh sebab itu para guru hendaknya lebih menekankan penggunaan permainan dalam pembelajaran, terutama dalam mengenalkan lambang bilangan pada anak Kata kunci : kemampuan lambang bilangan dan bermain kelereng

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: 8936018 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2015 03:17
Last Modified: 28 Apr 2015 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9291

Actions (login required)

View Item View Item