ELZA , YOLANDA PUTRI (2025) PENGARUH UANG SAKU BULANAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG DENGAN MEMPERHATIKAN LITERASI KEUANGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - 17_Elza Yolanda Putri.pdf Download (223Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - 17_Elza Yolanda Putri.pdf Restricted to Hanya staf Download (2974Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - 17_Elza Yolanda Putri.pdf Download (2698Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa sebagai generasi muda di era modern sering kali menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan pribadi secara bijak. Ketergantungan terhadap uang saku dari orang tua, gaya hidup konsumtif yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial, serta rendahnya tingkat literasi keuangan menjadi masalah yang umum dijumpai, kondisi ini berpotensi menyebabkan mahasiswa kesulitan mengelola keuangan, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh uang saku bulanan dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa dengan memperhatikan literasi keuangan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2021,2022, dan 2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 163 mahasiswa yang dipilih dengan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan diolah dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara uang saku bulanan dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa dengan memperhatikan literasi keuangan. Besarnya kadar determinasi sebesar 0,544 atau 54,4%, yang berarti pengelolaan keuangan mahasiswa dipengaruhi oleh variabel uang saku bulanan, gaya hidup, dan literasi keuangan, sedangkan sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Kata Kunci: Gaya Hidup, Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Uang Saku Bulanan This research is motivated by university students, as part of the younger generation, often face challenges in managing their personal finances wisely. Dependence on parental allowances, a consumption-driven lifestyle influenced by social environments, and low levels of financial literacy are common issues that may hinder students’ financial management. This study aims to determine the influence of monthly allowance and lifestyle on students’ financial management by considering financial literacy among students of the Economics Education Program at the University of Lampung. The research employed a quantitative approach with a descriptive-verificative design. The population consisted of active students from the 2021, 2022, and 2023 cohorts. A total of 163 students were selected using non-probability sampling. Data were collected using questionnaires and analyzed through path analysis with the help of SPSS software. The results show a significant influence of monthly allowance and lifestyle on financial management when financial literacy is considered. The coefficient of determination was 0.544 or 54.4%, indicating that financial management is influenced by monthly allowance, lifestyle, and financial literacy, while the remaining 45.6% is influenced by other factors outside the scope of this study. Keywords: Lifestyle, Financial Literacy, Financial Management, Monthly Allowance
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 04:28 |
| Terakhir diubah: | 10 Nov 2025 04:28 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92915 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
