Arfilian Satawag, 1013022024 (2015) PENGEMBANGAN SUPLEMEN GURU MATERI OPTIK PEMANTULAN DAN PEMBIASAN MENGGUNAKAN INTERACTIVE WHITEBOARD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (745Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (673Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (428Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (710Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (202Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Suplemen pembelajaran digunakan dalam proses pembelajaran untuk memperkuat potensi siswa agar tujuan pembelajaran tercapai. Guru fisika perlu memanfaatkan perkembangan teknologi, contohnya dengan menggunakan LCD proyektor dalam proses pembelajaran di kelas. Namun penggunaan LCD proyektor membuat interaksi guru dan murid menjadi berkurang, karena guru duduk di kursi dan sibuk dengan komputer yang membuat siswa tersisih. Seiring dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan kemudian memunculkan perangkat interactive whiteboard, sebuah alat yang merupakan penggabungan antara papan tulis dan komputer tetapi interactive whiteboard belum banyak dikenal, hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan 60% responden guru belum mengetahui interactive whiteboard. Bahkan sebanyak 80% responden guru tidak dapat mengoperasikan interactive whiteboard. Beberapa permasalahan inilah dilakukan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa suplemen guru dengan menggunakan interactive whiteboard materi optik dan untuk mengetahui keefektifan terhadap guru. Pencapaian tujuan harus dilakukan dengan penilitian dan pengembangan, prosedur pengembangan produk memiliki tujuh tahap antara lain; 1) Analisis kebutuhan, 2) Identifikasi Sumber Daya, 3) Identifikasi spesifikasi produk, 4) pengembangan produk, 5) uji kelayakan produk, 6) uji eksternal produk, 7) produksi. Setelah dilakukan uji pada penelitian ini produk dapat dikatakan baik dari hasil uji desain 3,08 dan materi 3,07 kemudian uji kemenarikan sebesar 3,2, kemudahan 3,0, kemanfaatan 3,2 dari skala 0-4. Produk juga tergolong efektif dilihat dari hasil normalisasi gain yang kedapatan hasil data 0,8
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 1225239 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 06:53 |
Terakhir diubah: | 28 Apr 2015 06:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9293 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |