PENGEMBANGAN SUPLEMEN GURU MATERI OPTIK PEMANTULAN DAN PEMBIASAN MENGGUNAKAN INTERACTIVE WHITEBOARD

Arfilian Satawag, 1013022024 (2015) PENGEMBANGAN SUPLEMEN GURU MATERI OPTIK PEMANTULAN DAN PEMBIASAN MENGGUNAKAN INTERACTIVE WHITEBOARD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (745Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (673Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (428Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (710Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (202Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Suplemen pembelajaran digunakan dalam proses pembelajaran untuk memperkuat potensi siswa agar tujuan pembelajaran tercapai. Guru fisika perlu memanfaatkan perkembangan teknologi, contohnya dengan menggunakan LCD proyektor dalam proses pembelajaran di kelas. Namun penggunaan LCD proyektor membuat interaksi guru dan murid menjadi berkurang, karena guru duduk di kursi dan sibuk dengan komputer yang membuat siswa tersisih. Seiring dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan kemudian memunculkan perangkat interactive whiteboard, sebuah alat yang merupakan penggabungan antara papan tulis dan komputer tetapi interactive whiteboard belum banyak dikenal, hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan 60% responden guru belum mengetahui interactive whiteboard. Bahkan sebanyak 80% responden guru tidak dapat mengoperasikan interactive whiteboard. Beberapa permasalahan inilah dilakukan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa suplemen guru dengan menggunakan interactive whiteboard materi optik dan untuk mengetahui keefektifan terhadap guru. Pencapaian tujuan harus dilakukan dengan penilitian dan pengembangan, prosedur pengembangan produk memiliki tujuh tahap antara lain; 1) Analisis kebutuhan, 2) Identifikasi Sumber Daya, 3) Identifikasi spesifikasi produk, 4) pengembangan produk, 5) uji kelayakan produk, 6) uji eksternal produk, 7) produksi. Setelah dilakukan uji pada penelitian ini produk dapat dikatakan baik dari hasil uji desain 3,08 dan materi 3,07 kemudian uji kemenarikan sebesar 3,2, kemudahan 3,0, kemanfaatan 3,2 dari skala 0-4. Produk juga tergolong efektif dilihat dari hasil normalisasi gain yang kedapatan hasil data 0,8

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LC Special aspects of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 1225239 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2015 06:53
Terakhir diubah: 28 Apr 2015 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9293

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir