PENGEMBANGAN SUPLEMEN GURU MATERI OPTIK PEMANTULAN DAN PEMBIASAN MENGGUNAKAN INTERACTIVE WHITEBOARD

Arfilian Satawag, 1013022024 (2015) PENGEMBANGAN SUPLEMEN GURU MATERI OPTIK PEMANTULAN DAN PEMBIASAN MENGGUNAKAN INTERACTIVE WHITEBOARD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (745Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (673Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (428Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (710Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140Kb) | Preview

Abstrak

Suplemen pembelajaran digunakan dalam proses pembelajaran untuk memperkuat potensi siswa agar tujuan pembelajaran tercapai. Guru fisika perlu memanfaatkan perkembangan teknologi, contohnya dengan menggunakan LCD proyektor dalam proses pembelajaran di kelas. Namun penggunaan LCD proyektor membuat interaksi guru dan murid menjadi berkurang, karena guru duduk di kursi dan sibuk dengan komputer yang membuat siswa tersisih. Seiring dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan kemudian memunculkan perangkat interactive whiteboard, sebuah alat yang merupakan penggabungan antara papan tulis dan komputer tetapi interactive whiteboard belum banyak dikenal, hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan 60% responden guru belum mengetahui interactive whiteboard. Bahkan sebanyak 80% responden guru tidak dapat mengoperasikan interactive whiteboard. Beberapa permasalahan inilah dilakukan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa suplemen guru dengan menggunakan interactive whiteboard materi optik dan untuk mengetahui keefektifan terhadap guru. Pencapaian tujuan harus dilakukan dengan penilitian dan pengembangan, prosedur pengembangan produk memiliki tujuh tahap antara lain; 1) Analisis kebutuhan, 2) Identifikasi Sumber Daya, 3) Identifikasi spesifikasi produk, 4) pengembangan produk, 5) uji kelayakan produk, 6) uji eksternal produk, 7) produksi. Setelah dilakukan uji pada penelitian ini produk dapat dikatakan baik dari hasil uji desain 3,08 dan materi 3,07 kemudian uji kemenarikan sebesar 3,2, kemudahan 3,0, kemanfaatan 3,2 dari skala 0-4. Produk juga tergolong efektif dilihat dari hasil normalisasi gain yang kedapatan hasil data 0,8

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 1225239 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2015 06:53
Last Modified: 28 Apr 2015 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9293

Actions (login required)

View Item View Item