PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Angelia, Agustin (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Angelia Agustin.pdf

Download (278Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Angelia Agustin.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Angelia Agustin.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan aplikasi educandy terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment), serta menerapkan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan regresi linier sederhana, yang hasilnya terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan aplikasi educandy berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas V di SD Negeri 1 Sri Budaya. Kata kunci: educandy, discovery learning, hasil belajar The problem of this research was the low learning outcomes of fifth-grade students in mathematics. The purpose of this study was to determine the effect of the discovery learning model assisted by the Educandy application on mathematics learning outcomes. This research used a quantitative approach with a quasi- experimental method and applied a non-equivalent control group design. The population in this study consisted of 44 students. Data were collected through tests and non-test instruments in the form of observation sheets. Hypothesis testing was carried out using simple linear regression, and the results showed a significant effect. Based on these findings, it was concluded that the use of the discovery learning model assisted by the Educandy application had a significant effect on the mathematics learning outcomes of fifth-grade students at SD Negeri 1 Sri Budaya. Keywords: educandy, discovery learning, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:21
Terakhir diubah: 11 Nov 2025 02:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92944

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir