Yulianti , - (2025) PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
YULIANTI (2113053215)_Abstrak - Yulianti.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
|
File PDF
YULIANTI (2113053215)_Full Tanpa Lampiran - Yulianti.pdf Restricted to Hanya staf Download (2011Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
YULIANTI (2113053215)_Tanpa Pembahasan - Yulianti.pdf Download (1830Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project-based learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 50 peserta didik dengan sampel sebanyak 50 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest serta non tes berupa observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan uji-t (independent sampel t-test). Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh model project-based learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung. Kata kunci: berpikir kreatif, mind mapping, project-based learning The problem of this research was the low creative thinking ability of fourth-grade students at SD Negeri 1 Sumberagung. This study aimed to determine the effect of the project-based learning model assisted by mind mapping on the creative thinking ability of fourth-grade students at SD Negeri 1 Sumberagung. The approach used in this research was a quantitative approach, and the type of research was experimental research. The method used in this study was a quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The population of this study consisted of 50 students, with a sample of 50 students determined using purposive sampling. The data collection techniques in this research included tests in the form of pretest and posttest, as well as non-test techniques such as observation and documentation. Based on the hypothesis testing used the simple linear regression and t-test (independent sample t-test). The research result showed that the project-based learning model assisted by mind mapping affected the creative thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 1 Sumberagung. Keywords: creative thinking, mind mapping, project-based learning
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:33 |
| Terakhir diubah: | 11 Nov 2025 02:33 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92947 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
