PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERMUATAN CERITA RAKYAT TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANDAYANI

Isabelle , Joycelyn Volene M (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERMUATAN CERITA RAKYAT TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANDAYANI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Isabelle Joycelyn.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Isabelle Joycelyn.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2279Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Isabelle Joycelyn.pdf

Download (1864Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi bermuatan cerita rakyat terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi- experiment dan desain penelitian nonequivalent control group design yaitu dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Handayani yang berjumlah 62 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linear sederhana. Hasil uji analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikan = 0,000 ˂ 0,05 maka Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media animasi cerita rakyat terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: anak usia dini, kemampuan bahasa ekspresif, media animasi cerita rakyat This study aims to examine the effect of using folktale-based animated media on the expressive language skills of children aged 5–6 years. This research employed a quantitative approach with a quasi-experimental method using a nonequivalent control group design, involving one experimental class and one control class. The sample consisted of 62 children aged 5–6 years from TK Handayani. Data were collected through observation, and the data were analyzed using simple linear regression. The results showed a significance value of 0.000 < 0.05, indicating that the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This finding suggests that the use of folktale-based animated media has a significant effect on the expressive language skills of children aged 5–6 years. Keywords: early childhood, expressive language, ability folktale animation media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:07
Terakhir diubah: 11 Nov 2025 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92956

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir