Rahmi , Juliani (2025) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMPN 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Rahmi Juliani.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI I-V - Rahmi Juliani.pdf Restricted to Hanya staf Download (2438Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI_Tanpa Pembahas - Rahmi Juliani.pdf Download (2094Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Geogebra merupakan aplikasi berbasis teknologi yang digunakan untuk membantu visualisasi konsep matematika. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Goegebra dengan model problem based learning terhadap kemampuan spasial siswa. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IX SMPN 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 287 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX G sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan kelas IX F sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa yang terpilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest-only control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang didapat dari tes kemampuan spasial siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa kemampuan spasial siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra dengan model PBL lebih tinggi daripada kemampuan spasial siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Geogebra dengan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan spasial siswa. Kata Kunci: Geogebra, kemampuan spasial, pengaruh, problem based learning Geogebra is a technology-based application used to visualize mathematical concept dynamics. This quasi-experimental research aimed to determine the effect of using the Geogebra application with the Problem Based Learning model on students' mathematical spatial skills. The population in this research consists of all ninth-grade students of SMPN 8 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year totaling 287 students distributed across ten classes. The sample in this research includes class IX G as the experimental class with 29 students and class IX F as the control class with 29 students selected using purposive sampling technique. The design used is the posttest-only control group design. The data in this research is quantitative data obtained through a spatial skills test. Based on the result of hypothesis test using Mann Whitney U, it was found that student’s mathematical skills who participated in learning using the Geogebra application with the PBL model was higher the student’s mathematical spatial skills of students who participated learning just use Problem Based Learning model without Geogebra application. Thus, using the Geogebra application influences students' mathematical spatial skills. Keywords: effect, geogebra, problem based learning, spatial skills
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 03:36 |
| Terakhir diubah: | 11 Nov 2025 03:36 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92960 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
