PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAMES BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ENUMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SDN 2 GUNUNG MADU

Sabila, Nurfajrina (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAMES BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ENUMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SDN 2 GUNUNG MADU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Sabila Nurfajrina.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Sabila Nurfajrina.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1510Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Sabila Nurfajrina.pdf

Download (1412Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang masalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II sekolah dasar menjadi fokus utama pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada model pembelajaran games based learning berbantuan media enuma terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SDN 2 Gunung Madu. Metode pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 peserta didik yang sampelnya ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Hipotesis data menggunakan regresi linier sederhana yang diperoleh Fhitung = 25,743 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pada model pembelajaran games based learning berbantuan media enuma terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SDN 2 Gunung Madu. Kata kunci: hasil belajar matematika, model pembelajaran games based learning, media enuma The background of the problem of low learning outcomes of grade II elementary school students was the main focus of this study. This study aimed to determine whether there was an influence of the games based learning model assisted by enuma media on the mathematics learning outcomes of students at SDN 2 Gunung Madu. The method in this study was a quasi-experiment with a nonequivalent control group design. The population in this study amounted to 42 students whose samples were determined using purposive sampling. The data collection technique in this study used tests and non-tests. The data hypothesis used simple linear regression obtained Fcount = 25.743 with a significance level of 0.000 <0.05, so Ho was rejected and Ha is accepted. The results of this study indicated that there was an influence of the games based learning model assisted by enuma media on the mathematics learning outcomes of students at SDN 2 Gunung Madu. Keywords: mathematics learning outcomes, games based learning mode, enuma media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:39
Terakhir diubah: 11 Nov 2025 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92961

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir