EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VISUALISASI 3D PADA MATERI ALKOHOL DAN ETER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN

Haya , Lutfia Amani (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VISUALISASI 3D PADA MATERI ALKOHOL DAN ETER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Haya Lutfia Amani.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Haya Lutfia Amani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Haya Lutfia Amani.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D pada materi alkohol dan eter untuk mening- katkan keterampilan mengomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Minat di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari tiga kelas dan berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XII Minat 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII Minat 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi experimental dengan pretest-posttest control grup design. Instrumen yang digunakan berupa instrumen pretes dan postes keterampilan men- gomunikasikan dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji independent samples t-test. Hasil uji independent samples t-test menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan mengomunikasikan siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,75 yang berkriteria tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpul- kan bahwa model flipped classroom berbantuan visualisasi 3D pada materi alkohol dan eter efektif untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan. Kata Kunci: alkohol dan eter, flipped classroom, keterampilan mengomunikasikan This study aims to describe the effectiveness of the flipped classroom model assisted by 3D visualization on alcohol and ether material to improve communication skills. The population in this study was all 12th grade students at SMA Negeri 10 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year, consisting of three classes and a total of 108 students. The sampling technique used in this study was purposive sampling, with Grade XII Interest Class 2 as the experimental class and Grade XII Interest Class 3 as the control class. The flipped classroom model assisted by 3D visualization was applied in the experimental class, while conventional learning was applied in the control class. This study is a quasi-experimental study with a pretest-posttest control group design. The instruments used were pretest and posttest instruments for communication skills and observation sheets for student activities. The data analysis technique used was the independent samples t-test to compare the two means. The results of the independent samples t-test showed that the average n-gain in communication skills of students in the experimental class was 0.75, which was higher than that of the control class. Based on this, it can be concluded that the flipped classroom model assisted by 3D visualization on alcohol and ether material is effective in improving communication skills. Keywords: alcohol and ether, flipped classroom, communication skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:22
Terakhir diubah: 11 Nov 2025 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92983

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir