PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

Aldo , Ernanda (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak - ALDO ERNANDA.pdf

Download (283Kb) | Preview
[img] File PDF
digilib full bab+dapus_compressed - ALDO ERNANDA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1662Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
digilib bab 1,2,3,5+dapus - ALDO ERNANDA.pdf

Download (2169Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik dalam pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam enam kelas yaitu VIII-A sampai VIII-F. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling selanjutnya terpilih siswa kelas VIII- E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest and posttest control grup design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa rata-rata skor gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan media komik dalam pembelajaran probelem based learning lebih tinggi daripada rata-rata skor gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak menggunakan media komik dalam pembelajaran probelem based learning dengan selisih sebesar 0,201. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media komik dalam pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Media Komik This study aims to investigate the impact of using comic media within problem- based learning on students’ mathematical communication skills. The population consisted of all eighth-grade students at SMP Negeri 28 Bandar Lampung during the second semester of the 2024/2025 academic year, spread across six classes (VIII-A to VIII-F). Through purposive sampling, class VIII-E was selected as the experimental group, while class VIII-C served as the control group. The research employed a pretest-posttest control group design. Data collected were quantitative, derived from students’ mathematical communication skill test results. Based on the data analysis, students who learned with comic media in problem-based learning achieved a higher gain score in mathematical communication skills compared to those who did not, with a difference of 0.201. These findings indicate that incorporating comic media in problem-based learning positively influences the enhancement of students’ mathematical communication skills. Keywords: Communication skills Mathematical, Problem Based Learning, Comic Media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:44
Terakhir diubah: 11 Nov 2025 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92992

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir