EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang BERBASIS ETNOSAINS MENGINANG PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Nesti, Rahmadina (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang BERBASIS ETNOSAINS MENGINANG PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - NESTI RAHMADINA.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI - NESTI RAHMADINA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1210Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - NESTI RAHMADINA.pdf

Download (1217Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran SiMa- Yang berbasis etnosains pada materi larutan penyangga dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest- postest control grup. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI.2 sebagai kelas eksperimen dan XI.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah soal pretes/postes keterampilan berpikir kritis siswa dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukan rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen berkriteria kriteria ‘‘tinggi” dan terdapat perbedaan yang sig- nifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,97 dengan kriteria ‘‘besar” menunjukan bahwa 97% tingginya keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran SiMa- Yang berbasis etnosains. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat di- simpulkan bahwa pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains Menginang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: etnosains menginang, keterampilan berpikir kritis, larutan penyangga, model pembelajaran SiMaYang This study aims to describe the effectiveness of ethnoscience-based SiMaYang learning on buffer solution material in improving students' critical thinking skills. This study used a pretest-postest control group design. The population in this study were 3 grades XI of SMA Negeri 15 Bandar Lampung in the 2024/2025 school year. Sampling was done by cluster random sampling technique, obtained class XI.2 as the experimental class and XI.3 as the control class. The data collec- tion instruments in this study were pretest/posttest questions of students' critical thinking skills and observation sheets of the implementation of the SiMaYang learning model. The data analysis technique in this study used the Paired Sample T-test and effect size test. The results showed that the average n-gain of critical thinking skills of experimental class students was “high” criteria and there was a significant difference between the experimental class and the control class. The effect size test results obtained a value of 0.97 with “large” criteria indicate that 97% of the high critical thinking skills of students are influenced by the ethno- science-based SiMaYang learning model. Based on the results of the analysis conducted, it can be concluded that SiMaYang learning based on Menginang ethnoscience is effective in improving students' critical thinking skills on buffer solution material. Keywords: ethnoscience menginang, critical thinking skills, buffer solution, SiMaYang learning model

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Nov 2025 01:47
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93010

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir