PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM FASE E

Dinda , Puspita Sari (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM FASE E. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Dinda Puspita.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi full - Dinda Puspita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan - Dinda Puspita.pdf

Download (4052Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantu e-lkpd terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan iklim fase e di SMA 3 Bandar Lampung. Sample dipilih melalui teknik cluster random sampling, terdiri dari 32 peserta didik untuk kelas kontrol dan 33 peserta didik untuk kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Data yang digunakan adalah data kuantitatif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan data kualitatif dari angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model Problem Based Learning berbantu e-lkpd. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rerata N-gain kelas eksperimen mendapatkan 0,53 (kategori sedang), dan kelas kontrol mendapatkan 0,27 (kategori rendah). Data kuantitatif dalam penelitian berupa rerata nilai pretest, posttest, dan N-gain kemampuan pemecahan masalah dengan uji Mann Whitney didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 hal ini menunjukan pengaruh signifikan model Problem Based Learning berbantu e-lkpd terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan iklim. Pada kelas kelas eksperimen yang paling mengalami peningkatan pada indikator melakukan pemecahan masalah (solving) dengan N-gain 0,56 (sedang), sedangkan kelas kontrol pada indikator memahami masalah (understanding) dengan N-gain 0,32 (sedang). Data kualitatif dari angket tanggapan peserta didik menunjukan respon positif dengan rerata nilai 88% (sangat baik). Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning berbantu e-lkpd berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan iklim fase e. Kata kunci: Angket Tanggapan, E-Lkpd, Kemampuan Pemecahan Masalah, Perubahan Iklim, Problem Based Learning This study aims to determine the effect of applying the Problem-Based Learning (PBL) model assisted by e-lkpd on students' problem-solving abilities in the climate change material phase E at SMA 3 Bandar Lampung. The sample was selected using a cluster random sampling technique, consisting of 32 students in the control class and 33 students in the experimental class. This study used a pretest-posttest nonequivalent control group design. The data used included quantitative data to measure problem-solving abilities and qualitative data from student response questionnaires regarding the implementation of the PBL model assisted by e-lkpd. The results showed that the average N-gain score in the experimental class was 0.53 (medium category), and in the control class was 0.27 (low category). Quantitative data in the form of average pretest, posttest, and N- gain scores of problem-solving abilities were analyzed using the Mann-Whitney test, yielding a Sig. (2-tailed) value of 0.00 < 0.05, indicating a significant effect of the PBL model assisted by e-lkpd on students' problem-solving abilities in the climate change material. In the experimental class, the greatest improvement occurred in the "solving" indicator with an N-gain of 0.56 (medium), while in the control class, the greatest improvement was in the "understanding" indicator with an N-gain of 0.32 (medium). Qualitative data from student response questionnaires showed a positive response, with an average score of 88% (very good). Thus, the application of the Problem-Based Learning model assisted by e-LKPD has a significant effect on students’ problem-solving abilities in the climate change material phase E Keywords: Student Response Questionnaire, E-LKPD, Problem-Solving Ability, Climate Change, Problem-Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:32
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93032

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir