MUHAMMAD , FAITH AL FARABY (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 6 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - MUHAMMAD FAITH AL FARABY.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL -MUHAMMAD FAITH AL FARABY.pdf Restricted to Hanya staf Download (1170Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - MUHAMMAD FAITH AL FARABY.pdf Download (1075Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan numerasi yang dimiliki peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem-based learning berbantuan media permainan ular tangga terhadap kemampuan numerasi peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Populasi berjumlah 52 orang peserta didik, dan sampel 52 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pengolahan data menggunakan rumus chi kuadrat, uji-F, dan regresi linier sederhana yang menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem-based learning berbantuan media permainan ular tangga terhadap kemampuan numerasi peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Utara. Kata Kunci: kemampuan numerasi, media ular tangga, problem-based learning The problem in this study was the low numeracy skills of fourth-grade students at SD Negeri 6 Metro Utara. This study aimed to determine the effect of the problem-based learning model assisted by the snakes and ladders game media on students' numeracy skills. The research was a quantitative study with an experimental approach. The design used a quasi-experiment with a nonequivalent control group design. The population consisted of 52 students, all of whom were selected as the sample using purposive sampling. Data collection techniques included observation, interviews, documentation, and tests. Data analysis was conducted using the chi-square formula, F-test, and simple linear regression. The results showed that the implementation of the problem-based learning model assisted by the snakes and ladders game media had a significant effect on the numeracy skills of fourth-grade students at SD Negeri 6 Metro Utara. Keywords: numeracy skills, problem-based learning, snake and ladder media
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:31 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 02:31 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93033 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
