SHAULA, FEBRIAN KARTIKA WIDOWATI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SUKABUMI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - SHAULA FEBRIAN KARTIKA WIDOWATI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL -SHAULA FEBRIAN KARTIKA WIDOWATI.pdf Restricted to Hanya staf Download (1297Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - SHAULA FEBRIAN KARTIKA WIDOWATI.pdf Download (1202Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah model pembelajaran yang kurang bervariasi, kemudian rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik serta pendidik belum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri 1 Sukabumi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukabumi dengan jumlah populasi 57 peserta didik dan sampel sebanyak 28 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh model kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar IPAS kelas V SD Negeri 1 Sukabumi. Kata kunci: hasil belajar, model kooperatif tipe Make a Match, IPAS The research problem identified was the insufficient variation in learning models, the suboptimal learning outcomes in IPAS among students, and the educators' failure to implement the cooperative learning model known as Make a Match. The objective of this study was to ascertain the impact of the Make a Match cooperative model on the learning outcomes of IPAS for fifth-grade students at SD Negeri 1 Sukabumi.This research utilized a quantitative approach, employing a quasi- experimental method, with a research design based on a non-equivalent control group design. The sample comprised fifth-grade students from SD Negeri 1 Sukabumi, with a total population of 57 students and a sample size of 28 students. The sampling technique applied was purposive sampling. Data analysis was conducted using simple linear regression testing.The findings of the study indicated a significant effect of the Make a Match cooperative model on the learning outcomes of IPAS for fifth-grade students at SD Negeri 1 Sukabumi. Keywords: learning outcomes, cooperative model of Make a Match type, natural science and social science.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:43 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 02:43 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93037 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
